7 Ritual Takhayul Aneh para Atlet Dunia

[lihat.co.id] – Banyak hal yang harus dimiliki seseorang demi menjadi atlet profesional, di antaranya adalah mau berlatih keras, memiliki talenta dan mampu tampil dalam tekanan. Namun beberapa bintang olahraga ternyata percaya pada takhayul yang membuat mereka bisa tampil baik.

Berikut tujuh atlet dunia dengan ritual takhayulnya,dikutip dari Bolanet:

1. Michael Jordan

[lihat.co.id] – Michael Jordan pernah mengantarkan Universitas North Carolina menjadi juara NCAA 1982 dan yakin bahwa celana seragam yang ia pakai kala itu membawa keberuntungan.

Selama memimpin Chicago Bulls untuk meraih enam gelar juara NBA, Jordan pun selalu mengenakan celana tersebut di balik celana seragam Bulls miliknya.

Demi menyembunyikan celana magis tersebut, Jordan mengenakan celana basket yang lebih panjang, yakni model celana yang menjadi tren NBA hingga sekarang.

2. Bjorn Borg

[lihat.co.id] – Mantan petenis asal Swedia ini hanya mempercayai takhayul pada saat menghadapi kejuaraan Wimbledon. Menjelang turnamen tersebut, Bjorn Borg akan menumbuhkan jenggot dan mengenakan kaus Fila yang sama. Ritual ini tampaknya berhasil. Ia sukses meraih lima gelar Wimbledon secara beruntun pada 1976-1980.
3. Kevin Rhomberg
[lihat.co.id] – Mantan pemain baseball Cleveland Indians, Kevin Rhomberg memiliki kepercayaan takhayul yang cukup unik. Selama menjalani pertandingan, Rhomberg harus menyentuh balik seseorang jika orang tersebut menyentuhnya lebih dulu.

Sayangnya, kepercayaan takhayul Rhomberg menyebar ke seluruh penghuni Liga Baseball Amerika Serikat (MLB). Para pemain lawan pun ingin menyentuhnya dan kabur secepat mungkin agar Rhomberg ‘terserang’ rasa panik.

Bahkan suatu kala Indians bertemu dengan New York Yankess, pertandingan sempat dihentikan oleh wasit. Hal ini disebabkan pemain Yankees tak mau berhenti menyentuh Rhomberg.

4. Serena Williams

[lihat.co.id] – Serena Williams yakin bahwa rutinitasnya merupakan salah satu keberhasilan di sebuah turnamen tennis. Setiap akan bertanding, Williams selalu membawa sandal mandinya ke lapangan. Ia juga memantulkan bola lima kali sebelum melakukan serve pertamanya. Petenis asal Amerika Serikat ini juga selalu menggunakan kaus kaki yang sama selama satu turnamen tenis. 
5. Jason Terry

[lihat.co.id] – Jason Terry merupakan salah satu pemain NBA yang terkenal paling percaya pada takhayul. Ia selalu memakan ayam sebelum pertandingan. Ia juga mengenakan lima pasang kaus kaki selama pertandingan. Anehnya lagi, setiap malam sebelum laga berlangsung, Terry selalu tidur dengan mengenakan kaus kaki dari tim yang akan ia hadapi keesokan harinya.
6. Wade Boggs

[lihat.co.id] – Mantan pemain baseball, Wade Boggs selalu menyantap ayam sebelum bertanding, dan hal ini membuatnya dijuluki Chicken Man. Ia selalu berlatih memukul pada pukul 5:17 dan berlatih sprint pada pukul 7:17. Ia juga selalu menuliskan kata ‘Chai’ di pasir sebelum pertandingan dimulai. Chai adalah bahasa Ibrani untuk ‘kehidupan’.
7. Valentino Rossi

[lihat.co.id] – Valentino Rossi dikenal sebagai pebalap paling percaya takhayul di MotoGP. Sebelum sesi balap dimulai, ia selalu menonton start kelas terendah, GP125/Moto3 untuk menghitung berapa lama lampu start menyala.

Ia juga selalu berhenti berjalan dua meter dari motor sebelum menaikinya untuk membungkuk dan menyentuh boots balapnya. Ketika mendekati motornya, ia berjongkok di sebelah kanan sembari memegang footpeg. Dalam sebuah wawancara, Rossi menyatakan ritual itu merupakan simbol bahwa ia ‘berbicara’ dengan motornya.