8 Plat Kendaraan Termahal di Dunia

BLoG kiTa – Pelat nomor cantik yang memiliki kombinasi unik memang menjadi incaran. Bukan hanya di Indonesia, tapi juga di tingkatan global. Bahkan harga pelat nomor termahal di dunia mencapai seratus miliar rupiah.

Di banyak negara, bukan hanya Indonesia, pelat nomor cantik memang menjadi rebutan. Para pemburunya bahkan tidak segan untuk merogoh kocek dalam-dalam untuk mendapatkan pelat nomor incaran mereka.

Harga pelat nomor pun melambung tinggi dan bahkan mencapai angka yang tidak masuk akal.

Pelat nomor apa saja yang memiliki harga gila-gilaan di dunia? Mari kita bahas bersama seperti dilansir oleh Oto.detik berikut ini:

1.Pelat Nomor 1

BLoG kiTa – Apa kombinasi yang menurut Anda pantas untuk dijadikan sebagai pelat nomor termahal di dunia? Jawabannya adalah tanpa kombinasi.

Sebab, pelat nomor termahal di dunia adalah pelat nomor yang hanya memuat satu angka. 1.

Pelat nomor ini dilelang di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab pada 2008 lalu. Pemenangnya adalah Abdul Ghaffer Khouri yang merupakan salah satu orang kaya di negara minyak tersebut.

“Aku membelinya karena itu adalah nomor terbaik,” ujarnya.

Mau tahu harga pelat nomor 1 ini? Ketika itu, harganya mencapai 7 juta pounds atau sekitar Rp 104,4 miliar. Wow.

2.Pelat Nomor 5

BLoG kiTa – Persaingan untuk mendapatkan nomor-nomor cantik terus terjadi, tidak hanya di Indonesia saja. Bila harga pelat nomor 1 terbilang tidak masuk akal dan mencapai belasan kali harga sebuah mobil sport, harga pelat nomor lain juga tidak bisa dibilang murah.

Pelat nomor 5 yang hanya berisi satu digit angka 5 merupakan salah satu pelat nomor termahal di dunia. Pelat nomor ini dimiliki oleh Talal Ali Mohammed Khoury yang dibelinya pada tahun 2007 silam.

Saat ini dia membeli pelat nomor ini dengan harga 25 juta dirham atau sekitar Rp 52 miliar pada pelelangan yang dilakukan 2007 silam.

Selain pelat nomor 5 ini, pada pelelangan yang sama Khoury ternyata juga membeli pelat nomor lain dengan harga yang juga gila yakni sekitar 800 ribu pounds atau sekitar Rp 12 miliar.

Anehnya, dia nomor 5 tidak memiliki arti apa-apa untuk Khoury. Ketika ditanya apa arti angka 5 ini bagi dirinya, Khoury dengan santai mengatakan kalau angka itu sama sekali tidak ada arti signifikan untuk dirinya. Jadi, dia membelinya hanya sekedar karena suka saja.

3.Pelat Nomor 7

BLoG kiTa – Negeri kaya minyak Uni Emirat Arab memang gudangnya orang-orang kaya. Sebuah plat nomor mobil satu digit bernomor “7” pada 2010 lalu berhasil terjual dengan harga 17 juta dirham atau sekitar Rp 41 miliar dalam sebuah pelelangan. Wow.

Dengan harga tersebut, plat nomor 7 itu pun menjadi plat nomor tiga termahal di dunia bersanding dengan plat nomor bergengsi lain yang juga dimiliki orang-orang Arab.

Secara umum plat nomor kendaraan di Uni Emirat Arab memiliki 5 buah digit yang acak, jumlah angka yang lebih sedikit berarti harganya semakin tinggi. Sebuah plat nomor dengan empat digit bisa di dapat dengan biaya sekitar 5.000 dirham atau sekitar Rp 12,3 juta.

Harga tersebut akan semakin membengkak bila plat nomor itu menyediakan beragam nomor cantik yang mudah di ingat seperti ‘4576’ atau ‘4444’ misalnya.

“Saya pikir ini masalah pengakuan. Hari ini memiliki Ferrari saja tidaklah cukup. Orang ingin nomor cantik di mobil mereka. Itu membuat mereka jadi lebih populer dibanding para pengendara Ferrari lainnya,” ujar perusahaan penyedia plat nomor di Uni Emirat Arab, Muhammad Kashif. 

4.Pelat Nomor X1

BLoG kiTa – Pelat nomor ini adalah pelat nomor keluaran Inggris dan dianggap sebagai pelat nomor bersejarah. Soalnya, pelat tersebut pernah dikeluarkan oleh Northumberland County Council pada bulan Desember 1903.

Jika dikaitkan dengan mobil BMW X1, mobil satu ini tidak ada hubungannya. Bahkan pelat tersebut puluhan kali lebih mahal daripada mobil BMW X1. Tentu ini akan mencetak sejarah dalam industri otomotif dunia.

Saking mahalnya, pelat mobil tersebut melebihi harga Bugatti Veyron yang hanya mencapai Rp 14 miliar per unit, dan melebihi pelat nomor yang dibeli oleh penguasaha asal Bradford, Afzal Kahn pada tahun 2008 dengan harga 560.000 poundsterling atau sekitar Rp 7 miliar kala itu.

Dan pelat nomor X1 itu dulu adalah milik ketua komite di Tynemouth. Harganya mencapai 1 juta pounds atau sekitar Rp 15 miliar.

5.AB11 DHB

BLoG kiTa – Pelat nomor AB11 DHB yang ada di Inggris ini harganya diperkirakan menembus angka 400 ribu pounds atau sekitar Rp 5 miliar. Pelat nomor AB11 DHB yang dikeluarkan di Inggris itu bisa dibaca akan menyerupai kata ‘Abu Dhabi’ dan karena Uni Emirat Arab adalah sebuah negara kaya, maka diperkirakan akan terjadi perang harga untuk mendapatkan pelat nomor tersebut.

Padahal, ketika dibeli dari Samsatnya Inggris, harga pelat nomor ini hanyalah 400 pounds atau Rp 5,7 juta saja. Jadi bila benar bisa dilepas di angka 400 ribu pounds maka harga pelat nomor itu melambung hingga 1.000 kali.

Di kalangan para orang kaya dunia, memiliki pelat nomor mahal memang menjadi sebuah kebanggaan, apalagi pelat nomor itu diletakkan di mobil yang juga mahal yang tentu akan menaikkan citra si pemilik dan warga Abu Dhabi adalah orang-orang yang gandrung akan hal itu. Bahkan 37 dari 50 pelat nomor dalam daftar pelat nomor termahal dibeli oleh pembeli asa Abu Dhabi.

Karena itulah tidak heran kalau pelat nomor AB11 DHB ini diminati oleh warga Abu Dhabi karena banyak diantara mereka yang senang ke Inggris.

6.Pelat Nomor F1

BLoG kiTa – Apa jadinya bila mobil paling mahal di dunia, Buggati Veyron, dilengkapi dengan plat nomor F1 yang juga merupakan nomor polisi termahal di dunia.

Bayangkan saja, bila harga satu unit Veyron saja sudah mencapai angka Rp 14 Milyar masih ditambah dengan plat nomor F1 yang ternyata berharga 370 ribu poundsterling atau hampir Rp 7 miliar dan merupakan salah satu pelat nomor termahal di Inggris.

Pemiliknya adalah pengusaha keturunan Arab asal Essex, Inggris yakni Afzal Kahn yang membeli nomor polisi tersebut pada tahun lalu. Karena itulah, tidak salah bila mobil ini disebut sebagai mobil termahal di dunia. 

7.9999

“Yor Ying Yor Ying” dengan dikombinasi nomor “9999”.

BLoG kiTa – Bila memiliki arti unik dan kombinasi yang menarik, harga pelat nomor kendaraan memang mampu meningkat ke angka yang bisa membuat orang geleng-geleng kepala. Tidak perlu melihat di Timur Tengah, Eropa atau Amerika Serikat, fenomena melejitnya harga sebuah pelat nomor juga terjadi di negara tetangga kita Thailand.

Bahkan baru-baru ini, sebuah pelat nomor sanggup laku terlelang hingga ke angka 11 juta baht atau setara dengan Rp 3,2 miliar. Ini adalah harga pelat nomor kendaraan termahal dalam sejarah Thailand.

Adalah keluarga Prasakorn Sakonsattayathorn yang memiliki hotel bintang lima Sukhothai Hotel yang rela mengeluarkan dana sebesar itu. Pelat nomor yang dimenangkan oleh keluarga ini dianggap sebagai pelat nomor ‘romantis’ dan sarat keberuntungan.

Adapun pelat itu bertuliskan huruf khas Thailand berbunyi “Yor Ying Yor Ying” dengan dikombinasi nomor “9999” dan merupakan angka tertinggi yang pernah tercetus untuk sebuah pelat nomor yang bahkan lebih mahal dari harga sebuah mobil.

Yor Ying adalah singkatan untuk wanita di Thailand. Mungkin penawaran ini dibuat untuk menunjukkan romantisme hari Valentine. Sementara angka 9 dianggap sebagai angka keberuntungan.

Asdasathai berkata kalau pelelangan pelat nomor yang memiliki arti unik dengan kombinasi menarik akan menjadi salah satu pemasukan mereka. Dia berharap dapat menjaring hingga 150 juta baht atau sekitar Rp 43,7 miliar hanya dari pelelangan pelat nomor kendaraan.

Langkah yang diambil Thailand ini sebenarnya bukanlah hal baru. Sebab di banyak negara, pelat nomor kendaraan yang memiliki arti dan kombinasi yang menarik memang kerap kali di lelang. Dan mungkin, hal ini bisa pula dicontoh oleh Indonesia untuk menambah pemasukan.

8.Pelat Nomor WWW1

BLoG kiTa – Departemen Perhubungan Malaysia mengungkapkan bahwa pelat nomor ‘WWW1’ kini berstatus sebagai salah satu pelat nomor termahal di dunia setelah berhasil terlelang hingga 520.000 ringgit atau sekitar Rp 1,56 miliar.

Lalu siapakah orang yang mau merogoh kocek begitu dalam hanya untuk sebuah pelat nomor? Usut punya usut, pembeli pelat nomor dengan harga yang tertinggi dalam sejarah Malaysia itu ternyata adalah Sultan Johor, Sultan Ibrahim ibni Almarhum Sultan Iskandar.

Angka yang dibayarkan sang sultan pun memecahkan rekor yang sejak 2010 dipegang oleh pelat nomor ‘AMK1’ yang ketika itu dijual dengan harga hingga 300.100 ringgit atau sekitar Rp 904,7 jutaan.

Sultan Johor sendiri selama ini memang dikenal sebagai pecinta kendaraan mewah yang memiliki koleksi mobil antik hingga model terbaru. Putra Mahkota Johor Tunku Ismail Idris pun membenarkan kabar tersebut.