9 Tempat Wisata Edukatif di Yogyakarta

BLoG kiTa – Yogyakarta tak hanya bisa dinikmati oleh anak muda. Bagi orangtua dan anak-anaknya, Yogya juga menjadi tempat yang asyik untuk dijelajahi. Ada 9 destinasi edukatif di Yogya yang mampu menambah wawasan buah hati Anda. Mau tahu?
Meski libur sekolah masih jauh, tak ada salahnya Anda merancang liburan dari sekarang. Jika Anda berencana untuk liburan bareng buah hati, maka datang saja ke Yogya.
Berikut ini 9 destinasi edukatif yang ada di Yogya. Anak-anak Anda dapat menambah wawasan tentang sejarah, budaya, dan masih banyak lagi nilai-nilai luhur.berikut 9 Tempat Wisata Edukatif di Yogyakarta,dikutip dari Travel.detik:
1.Museum Ullen Sentalu
BLoG kiTa – Museum ini terletak di kawasan wisata Kaliurang, tepatnya didalam taman Kaswargan. Museum ini banyak memamerkan lukisan-lukisan, foto-foto dan alat-alat kesenian tradisional khas budaya Jawa. Keunikan dari museum ini adalah adanya Ruang syair untuk Tineke. Inilah ruang khusus yang menampilkan syair-syair yang diambil dari buku kecil GRAj Koes Sapariyam (Putra Sunan PB XI Surakarta).
Syair-syair tersebut ditulis oleh kerabat dan sahabat dari GRAj Koes Sapariyam yang akrab dipanggil Tineke. Pada saat tiba di museum ini, Anda akan disambut oleh satu orang pemandu yang akan membawa Anda berkeliling dan menjelaskan isi dari museum.
Diakhir tur, pengunjung akan diberikan minuman ramuan tradisional yang diberi nama jamu Ratu Mas. Konon resep minuman ini diracik sendiri oleh Ratu Mas, Permaisuri Sunan Pakubuwana X. Rasanya manis asam segar. Museum ini buka setiap hari, harga tiektmasuk Rp 25.000.
2. Museum Merapi
BLoG kiTa – Museum ini terletak disebelah selatan lereng Gunung Merapi, tepatnya di Jalan Boyong Desa Hargobinangun. Museum ini didirikan sebagai obyek wisata yang dirancang sebagai wahana edukasi konservasi yang berkelanjutan, serta pengembangan ilmu bencana gunung berapi, gempa bumi dan bencana alam lainnya.
Di sini anak-anak dapat melihat penjelasan gunung berapi lengkap dengan suara gemuruhnya dan melihat simulasi sebaran aliran magma pada saat gunung meletus. Edukasi yang menarik sekali untuk anak-anak maupun orang dewasa. Museumnya buka setiap hari dengan harga tiket masuk Rp 3.000.
3. Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat
BLoG kiTa – Selain menjadi tempat tinggal Raja atau dikenal dengan sebutan Sri Sultan, keraton juga menjadi pusat museum kebudayaan Jawa yang ada di Yogya. Pada hari minggu setiap pukul 11.00-12.00 WIB, Anda dapat menyaksikan pertunjukan tarian keraton secara langsung di bangsal utama. Keraton buka setiap hari kecuali Senin, dengan tiket masuk Rp 3.000.
4. Pertunjukan Sendratari Ramayana di Panggung Terbuka Trimurti, Prambanan
BLoG kiTa – Pertunjukan ini Menampilkan kisah Ramayana yang dirangkum dalam 4 babak cerita. Pertunjukan kolosal ini diadakan pada malam hari dengan menampilkan lebih dari 200 orang penari dan pemusik profesional. Dengan latar belakang Candi Prambanan yang disorot lampu berwarna kuning keemasan, menambah kemegahan tarian legendaris ini.
Di sini anak-anak dapat mengambil pesan moral dari tarian yang disuguhkan. Jangan khawatir bila Anda kurang memahami isi tarian, karena tersedia lembaran brosur yang menceritakan isi kisah Sendratari Ramayana ini. Brosur disediakan dalam berbagai bahasa. Anda juga dapat mengambil paket menonton dan makan malam. Tiket masuk Rp 100.000-Rp 300.000.
5. Benteng Fort Vredeburg
BLoG kiTa – Benteng ini terletak di sisi selatan Keraton Yogya. Benteng ini sekaligus museum yang berisikan foto-foto dan diorama mengenai peristiwa-peristiwa bersejarah di Kota Yogyakarta. Anak-anak dapat belajar sejarah sejarah langsung dengan melihat benda-benda peninggalan para pahlawan seperti baju militer dan perangkatnya. Terdapat pula, replika batu dan kunci inggris yang digunakan untuk membunuh para jendera Belandal.
6. Candi Prambanan
BLoG kiTa – Dinobatkan sebagai Candi Hindu tercantik di dunia, Candi Prambanan wajib untuk dikunjungi. Candi ini melambangkan kisah cinta seorang pemuda yang bernama Bandung Bondowoso yang menaruh hati kepada seorang gadis bernama Rara Jongrang. Kisah cinta tak sampai ini membuat Rara Jongrang harus mengalami nasib pahit dirubah menjadi patung batu oleh Bandung Bondowoso.
Buku cerita lengkap mengenai Rara Jongrang dan candi-candi yang ada di komplek Candi Prambanan bisa Anda dapatkan di penjaja buku cerita yang menawarkan di sekitar candi. Harga 5 set buku cerita bisa Anda dapatkan dengan harga yang murah, apalagi kalau pandai menawar. Buku tersebut juga bisa menambah koleksi bacaan anak-anak yang bermanfaat.
7. Istana Ratu Boko
BLoG kiTa – Ini adalah komplek istana megah yang dibangun pada abad ke-8. Istana ini terletak di atas bukit dan memiliki pemandangan yang indah sekali. Waktu paling baik untuk mengunjungi istana Ratu Boko adalah pada pagi hari sekali atau sore hari menjelang sunset.
Ada baiknya Anda membeli paket tiket terusan Prambanan dan Istana Ratu Boko. Dengan demikian, Anda akan diantar oleh kendaraan khusus dari Prambanan menuju Istana Ratu Boko yang terletak cukup jauh diluar areal komplek Candi Prambanan.
8. Angkringan

BLoG kiTa – Bosan dengan makanan serba fast food? ini waktunya Anda memperkenalkan konsep tempat makan sederhana kepada anak-anak, angkringan. Makan di udara terbuka dan duduk lesehan berbaur dengan pengunjung lainnya, dijamin akan membuat buah hati Anda merasakan sensasi kuliner berbeda yang menyenangkan bagi mereka.
9. Kawasan Malioboro

BLoG kiTa – Setelah lelah menjelajah berbagai tempat-tempat wisata edukatif, tidak ada salahnya mengajak anak Anda dengan memberikan mereka kebebasan memilih oleh-oleh khas Yogyakarta di Malioboro. Aneka cinderamata dengan harga yang terjangkau bisa Anda dapatkan di sepanjang Jalan Malioboro.

Untuk Anda yang segan atau kurang pandai dalam urusan tawar menawar, bisa melangkahkan kaki ke salah satu swalayan Cinderamata di ujung jalan Malioboro yang sangat terkenal. Aneka cinderamata mulai dari pernak pernik hingga baju tersedia di sana dengan beragam harga dan variasi. Jangan lewatkan juga naik delman keliling Malioboro.

Selamat berpetualang di kota Yogyakarta. Jangan lupa siapkan kamera untuk mengabadikan setiap kegiatan si kecil yang akan menjadi memory indah kelak dia dewasa!