Apa Itu kamera DSLR? dan bagaimana cara kerjanya?

Di Indonesia mulai banyak sekali anak muda yang mulai gemar untuk belajar menggunakan kamera DSLR untuk menangkap gambar atau view yang ia inginan. Hobi ini mulai meningkat seiring dengan banyaknya bermunculan kamera DSLR yang tentunya memiliki keunggulan tersendiri. Selain itu tentunya kamera DSLR berbeda dengan jenis kamera lainnya karena kamera ini memiliki keunggulan jika menggunakan beberapa perangkat tambahan. Namun bagi yang masih baru tentunya masih bingung tentang apa itu DSLR ? bagaimana cara kerjanya ? dan adakah kamera dslr untuk pemula ?

Kamera DSLR

Kamera DSLR atau singkatan dari Digital Single Lens Reflex, merupakan suatu kamera yang sangat mudah untuk digunakan dan bisa menampilkan gambar yang begitu jernih. Maksud dari DSLR adalah kamera yang memanfaatkan cermin utnuk mengarahkan cahaya dari lensa ke viewfinder. Viewfinder sendiri adalah suatu lobang kecil yang ditutupin oleh kaca yang berada di belakang kamera tempat anda mengintip foto. Selain kamera single lens reflex ini juga ada kamera TLR atau twin lens reflex, namun saat ini kamera tersebut sudah mulai tidak ada. Untuk lebih jelasnya, ada beberapa bagian dari kamera DSRL yang perlu anda ketahui. Di kamera DSRL terdiri dari Shutter, sensor. Lensa, cermin pantul, layar focusing, lensa condenser, pentaprisma, dan viewfinder.

Penjelasan dari cara kerja kamera DSLR

secara singkat ada 3 tahap. Tahap pertama anda akan melihat objek yang anda inginkan melalui viewfinder yang tampilan tersebut berasal dari pantulan cahaya yang masuk ke lensa lalu dipantul ke cermin pantul dan dipantulkan kembali ke pentaplasma. Lalu masuk ke viewfinder. Tahap kedua adalah tahap pengambilan gambar. Tahap ini agak susah dijelaskan, karena agak rumit, namun secara singkat proses ini dilakukan oleh 3 bagian dari kamera DSLR, antara lain seperti cermin pantul, shutter, dan juga sensor digital yang kemudian akan menghasilkan gambar pada viewfinder. Selanjutnya adalah pengolahan gambar yang dilakukan oleh komputer (processor) di dalam kamera. Processor akan mengambil informasi dari sensor lalu mengubahnya menjadi gambar yang sesuai dengan formatnya dan disimpan ke dalam memory card.

Jika ditanya apakah ada kamera dslr untuk pemula, jawabannya tentu ada. Salah satunya ada di kamera dslr merk samsung. Untuk lebih jelasnya anda dapat menghubungi outlet samsung terdekat. Semoga bermanfaat.