AS Tegaskan, Latihan Sapu Ranjau Bukan Untuk Iran

Selat Hormuz
Selat Hormuz
BERITA TERKINI, MANAMA — Laksamana Madya John Miller, komandan Armada Kelima Amerika Serikat, Ahad mengatakan bahwa pelatihan penyapu-ranjau angkatan laut besar-besaran yang melibatkan 41 negara itu tidak ditujukan pada Iran.
“Ini bukan mengenai Iran,” kata Miller dalam satu konferensi pers di markas armada di ibu kota Bahrain, Manama, Ahad.
“Pesan kami tidak tertuju pada satu negara. Itu adalah tentang keamanan lingkungan kelautan,” kata Miller. “Ini adalah defensif murni, tidak provokatif, dan berlangsung di perairan internasional.”
Iran sebelumnya telah memperingatkan bahwa jika kegiatan nuklirnya diserang oleh AS atau Israel, maka pihaknya akan memblokir Selat Hormuz yang strategis. Selat yang merupakan jalur minyak utama.
Miller mengatakan bahwa yang penting bagi ekonomi global adalah lingkungan maritim yang memiliki aliran bebas perdagangan. Kapal bisa berlayar dengan aman.
“Jika beberapa negara menempatkan ranjau di perairan itu, maka komunitas global harus melenyapkannya dari air secepat mungkin,” kata Miller sambil menambahkan bahwa teknologi terbaru akan digunakan dalam manuver tersebut.
Tiga puluh lima kapal, 18 Kendaraan Bawah Air Tak Berawak dan lebih dari 100 penyelam pembuang alat peledak akan berpartisipasi dalam manuver anti-ranjau yang berlangsung sampai akhir Mei.
Komodor Simon Ancona dari Angkatan Laut Kerajaan Inggris mengatakan bahwa lebih dari 40 negara dan 6.500 anggota tentara mengambil bagian dalam pelatihan itu.
Kantor berita Iran Fars melaporkan awal pekan ini bahwa satu latihan sapu-ranjau sedang dilakukan oleh pasukan Iran di bagian timur Selat Hormuz yang strategis.
Sumber: Republika.online