Asus Kembangkan SSD PCI Express untuk Gamer


Setelah membuat gebrakan untuk kinerja sistem desktop dua tahun lalu, solid-state drive (SSD) berbasis PCI Express terbaru baru-baru ini mulai melangkah lebih jauh. Wujud SSD ini terlihat berubah dengan munculnya keluarga baru Rog Raidr Express HDD dari Asus.
Perusahaan memperlihatkan SSD pertama kali saat Consumer Electronic Show untuk menggoda para penggemar game beberapa bulan lalu. Namun kini detail sudah banyak bermunculan, terkait dengan semakin dekatnya waktu peluncuraan.
Laporan dari Digitime menyebutkan, ROG Raids Express akan memulai debutnya pada bulan Mei dan dilengkapi dengan interface PCI Express 2.0 serta komponen flash storage Toshiba MLC. Menurut Zdnet, meski Digitime dikenal memiliki reputasi buruk karena laporannya yang kerap tidak sesuai kenyataan, namun laporan yang satu ini sepertinya sedikit akurat.
Asus coba menarik perhatian dengan menampilkan drive tersbut diblog Republic of Gamer. Perusahaan memposting gambar drive dan memberiketerangan kecepatan read 830MB/s dan write 810MB/s.
Berdasarkan bocoran spesifikasi lain, kecepatan tersebut kabarnya untuk drive dengan kapasitas 240GB. Sementara kapasitas 120GB akan memiliki kecepatan read 775MB/s dan kecepatan write 765MB/s. SSD kabarnya akan menggunakan kontroler dual LSI SandForce SD-2281 dan mampu menangani hingga 100.000 IOPS.
Drive saat ini belum diumumkan secara resmi, sehingga tidak ada informasi mengenai harga dari ROG Raidr Express ini. Selain OCZ RevoDrive 3, drive sepertinya tidak akan memiliki banyak pesaing lain untuk pasar SSD PCI Express 2.0 saat diluncurkan.