Bagaimana Nasib 21 Karyawan Pertama Google Sekarang ?

Bagaimana Nasib 21 Karyawan Pertama Google Sekarang ? – Google tumbuh sebagai perusahaan teknologi raksasa berskala dunia. Di usianya yang sudah menginjak tahun ke-15, mesin pencari nomor satu itu telah mengoleksi segudang pencapaian yang luar biasa.

Tentu di balik perusahaan yang maju pesat, berkarya orang-orang terpilih nan ulet, yang menjadi “otak” kemajuan perusahaan.

Saat awal mula berdiri, Google digawangi oleh 21 karyawan. Mengutip Business Insider, terungkap dari 21 karyawan pertama Google, saat ini tercatat hanya tujuh karyawan saja yang tersisa dan setia bekerja di perusahaan yang berbasis di Mountain View, California itu.

Tujuh orang itu termasuk duo pendiri, Sergey Brin dan Larry Page. Lima karyawan lainnya adalah Urs Hozle, Salar Kamangar, Omid Kordestani, Joan Braddi, dan Susan Wojcicki.

Data situs pertukaran informasi Quora menyebutkan, beberapa karyawan awal itu telah menjadi pengusaha maupun penyandang modal bagi bisnis startup. Sisanya terlacak sudah pensiun.

Siapa saja mereka? Bagaimana nasibnya kini? Kemanakah mereka pergi setelah meninggalkan Google? Berikut kabarnya.

Marissa Mayer
Mayer kini menduduki posisi penting di Yahoo sebagai CEO. Ia tercatat jadi karyawan Google sejak Juni 1999-2012. Posisi terakhir di Google sebagai Vice President, Local, Maps and Location Service.

Kendra DiGirolamo
Bergabung dengan Google sejak Juni 1999 hingga Mei 2001. Posisi terakhir di Google sebagai Advertising Sales Coordinator.

Kini, DiGirolamo menekuni analis bisnis di Driscoll’s, sebuah perusahaan produksi dan distribusi stroberi.

Larry Schwimmer
Ia merupakan teknisi software awal yang dimiliki Google. Tercatat ia memperkenalkan Snippets, sebuah sistem produktivitas guna membantu Google mengelola karyawan selama periode merintis.

Schwimmer menjadi karyawan Google sejak 1999 tapi tidak diketahui apakah masih terlibat di Google atau tidak.

Jim Reese
Posisi terakhir sebagai Chief Operations Engineer. Tidak diketahui posisinya kini di mana. Masuk Google sejak tahun 1999.

Gerald Aigner
Masuk Google sejak tahun 1999-2006. Menurut halaman LinkedIn-nya, Aigner sempat menjabat anggota staf senior Google.

Di Google, ia bertanggungjawab pada negosiasi data center dan produk Internet, monitoring jaringan, desain peranti keras, dan optimisasi kinerja. Kini, Aigner bekerja sebagai profesional di Independent Internet, London.

Chris Skarakis
Posisi terakhir di Google adalah Director of Business Development. Menjadi karyawan sejak Mei 1999 sampai Mei 2005.

Selepas dari Google, Skarakis mendirikan Blip.fm, layanan free music streaming. Ia juga merupakan anggota dewan direktur Kanye West Foundation, Friends of Palo Alto Junior Museum, dan Zoon and Little Kids Rock.

Rachael Chambers
Sebelumnya, ia bekerja di Netscape. Masuk ke Google pada Mei 1999 sebagai Executive Assistant dan mengakhiri jabatan sebagai Ad Sales Coordinator pada Oktober tahun 2000.

Kini, ia menduduki kursi Program Manager Cisco.

Steve Schimmel
Posisi terakhir di Google sebagai Business Development Google. Menjadi karyawan sejak tahun 1999-2004.

Untuk sementara, Schimmel menyatakan pensiun. Tapi, ia tercatat sebagai penyandang dana bagi startup-nya, BackOps, Crowdrise, Roozt, dan Guide.

Georges Harik
Bergabung dengan Google pada 1999 sebagai Software Engineer dan mengakhiri jabatan sebagai Product Management Director pada tahun 2005.

Dia saat ini berperan sebagai penyandang dana bagi startup imo.im, sebuah layanan pesan instan untuk ponsel pintar.

Amit Patel
Masuk Google pada tahun 1999, tidak ada catatan tentang posisi terakhirnya di Google. Ia terkenal karena telah mempopulerkan slogan Google, Dont Be Evil. Kini, Patel berkarya di Sunfire.

Harry Cheung
Tercatat sebagai teknisi asli Google. Masuk pada tahun 1999, dan tak ada catatan posisi terakhirnya. Kini, Cheung tercatat sebagai penyandang dana startup diantaranya Qwiki, Badgeville, dan PrePay.

Ray Sidney
Sidney sempat menjabat teknisi software Google, tercatat sebagai karyawan sejak 1999-2003. Setelah keluar dari Google, ia dilaporkan menjadi pengembang real estate, Big George Ventures.

Heather Cairns
Bekerja di Google sejak tahun 1998-2004. Posisinya terakhir sebagai HR Manager. Kini ia pensiun dan kabarnya menjadi penyandang dana sejumlah startup. Namun, tak diketahui startup apa yang dibinanya.

Craig Silverstein
Sosok ini merupakan karyawan pertama yang direkrut oleh pendiri Google. Bekerja dari tahun 1998-2004. Posisi terakhir sebagai HR Manager.

Silverstein kini bekerja di Khan Academy, organisasi non profit pendidikan.

Sumber. beritaonline.web.id