Brigif 19/Khatulistiwa Ops Raid di Lapas Kelas IIB Singkawang

Salah satu kemampuan yang dimiliki prajurit berkualifikasi pasukan Raider adalah kemampuan melaksanakan Operasi Raid yaitu 

bentuk Operasi sangat mengutamakan kerahasian, kecepatan dan ketepatan sesuai dengan sesanti prajurit Raider; Cepat-Senyap-Tepat. 

Pasukan Raider dilatih di Pusdikpassus Batujajar memiliki dua kemampuan Raid yaitu Raid Pembebasan Tawanan dan Raid Pengancuran.
 

Operasi Raid sendiri merupakan operasi yang bersifat khusus yang dikeluarkan atau dibentuk oleh Komandan Batalyon Raider atas petunjuk Panglima Kodam XII/Tanjungpura untuk melaksanakan operasi baik itu pembebasan tawanan atau sandera maupun
pengancuran Markas atau instalasi vital yang diduduki musuh, bentuk Operasi Raid sendiri dilaksanakan dengan membentuk Tim yang terdiri dari kelompok-kelompok dengan tugas dan tanggung jawab masing-masing di sasaran.

Aplikasi dari kemampuan Raid itu pada Latihan Taktis Latihan Pemeliharaan Kemampuan Raider Yonif-641/Raider TA. 2014 pada Jam “J” yaitu pukul 02.00, serentak dilaksanakan di 15 titik baik itu Raid Cur maupun Baswan. 
Salah satu Tim melaksanakan Operasi Raid Pembebasan Tawanan (Baswan) di Lembaga Pemasyarakan Kelas II B Singkawang, Operasi Raid yang disimulasikan membebebaskan Tokoh Masyarakat yang ditawan oleh kelompok separatis di Lapas tersebut, setelah berhasil Tim tersebut membawa Tokoh Masyarakat tersebut ke tempat aman untuk kemudian siap menerima perintah operasi selanjutnya di Base Ops.
Sumber :  TNI