Cina Perbanyak Kapal Induk, Ini Pertanda?

kapal induk
kapal induk

BERITA TERKINI, BEIJING—Seorang pejabat senior angkatan laut Cina mengatakan Beijing berencana membuat lebih banyak kapal induk, pertanda terbaru Cina melakukan modernisasi cepat pada militernya.

Song Xue – Wakil Kepala Staf Angkatan Laut Cina memberitahu media pemerintah Cina bahwa kapal induk berikutnya harus lebih besar dan bisa membawa lebih banyak pesawat tempur yang lebih banyak.

Cina sudah punya satu kapal induk – The Liaoning – sebuah kapal buatan Sovyet yang direnovasi dan mulai beroperasi bulan September lalu, dalam apa yang dilihat sebagai langkah simbolis bagi peningkatan kekuatan militer Cina seperti dilansir situs voa.

Song Xue – yang komentarnya dimuat oleh kantor berita resmi Xinhua– tidak mengatakan apakah kapal induk baru itu akan dibeli adan dibuat di dalam negeri. Peningkatan kekuatan angkatan laut Cina telah memicu keprihatinan di  kalangan semua tetangganya, banyak diantaranya yang terlibat dalam sengketa wilayah maritim yang makin memburuk dengan Cina.

Beijing telah menekankan bahwa ekspansi pasukan angkatan lautnya sama sekali bukan ancaman bagi tetangga-tetangganya. Ditambahkan “the Liaoning” akan digunakan terutama untuk misi penelitian ilmiah dan pelatihan. Meskipun Cina telah berhasil melakukan uji pendaratan pesawat-pesawat tempurnya di atas Liaoning, kapal induk itu diperkirakan tidak akan beroperasi penuh selama beberapa tahun.

Sumber: Republika.online