Cina Terbuka Untuk Setiap Solusi Konflik Suriah

PM baru Cina, Li Keqiang.
PM baru Cina, Li Keqiang.
POHUWAT TERKINI, BERLIN — Perdana Menteri Cina Li Keqiang menyatakan, terbuka untuk setiap solusi guna menyelesaikan konflik di Suriah yang diterima oleh semua pihak dalam kerusuhan berdarah itu.

Berbicara pada konferensi pers bersama dengan Kanselir Jerman Angela Merkel, Li merujuk kepada konferensi perdamaian di Jenewa mengenai Suriah yang telah diusulkan oleh Amerika Serikat dan Rusia.

“Cina terbuka dan aktif membahas terhadap semua kemungkinan solusi politik yang dapat diterima oleh semua pihak di Suriah,” kata Li, Ahad (26/5).

Menurutnya, situasi di Suriah telah menewaskan lebih dari 90 ribu orang. Karenanya, menjadi sangat kompleks dan serius. “Situasi ini mengkhawatirkan.”

Cina meyakini, masyarakat internasional harus bersama-sama memainkan peran aktif dan konstruktif dalam mencari solusi untuk Suriah.

Menteri Luar Negeri Suriah menambahkan, pemerintahnya akan mengambil bagian dalam konferensi perdamaian di Jenewa. Suriah juga memandang itu kesempatan yang baik untuk solusi politik bagi perang saudara di negaranya.

Sumber: Republika Online