Ciri Air Bersih yang Mudah Diketahui

Air merupakan salah satu kebutuhan mutlak makhluk hidup. Tanpa air nyaris tidak ada kehidupan di bumi ini. Tapi tidak semua jenis air itu diperlukan oleh manusia. Air yang digunakan untuk kehidupan sehari-hari seperti mandi, mencuci, dan memasak haruslah air bersih. Berikut ini cara mengenali ciri-ciri air bersih di rumah anda.

Air Bersih

Jernih
Warna air sangat menentukan kualitasnya, air yang baik tidak berwarna atau jernih. Di dalam air yang jernih tidak terkandung bahan berbahaya dan bersifat membersihkan. Sedangkan air keruh menandakan banyaknya partikel yang terkandung. Menggunakan air berwarna untuk mencuci tentu akan menimbulkan berbagai penyakit.

Tidak Berbau
Bila air di rumah anda berbau amis atau lainnya, berarti air tersebut tidak bagus untuk digunakan meskipun bening. Bau pada air menandakan adanya pencemaran. Apalagi bila air tersebut berbau asam yang mungkin ph-nya terlalu rendah sehingga tidak sehat bila digunakan untuk mencuci makanan atau memasak. Ciri air sehat adalah tidak berbau dan bening.

Tidak Berasa
Bila anda ingin tahu lebih dalam mengenai kualitas air, cobalah merasakannya. Kalau ada rasa pahit, manis, getar, atau yang lain berarti masih kurang sehat. Air yang baik itu tidak berasa karena punya efek menjernihkan. Air yang berasa menandakan kalau mineral di dalamnya terlalu banyak. Air yang rasanya pahit berarti terlalu basa atau ph-nya tinggi sedangkan rasa asam menandakan kalau ph-nya terlalu rendah. Biasanya air berasa juga punya ciri lain seperti keruh. Tapi ada juga air bersih bening yang punya rasa.

Ph Normal
Air yang baik selalu punya ph normal, yaitu 7. Kalau ph air bersih terlalu tinggi tidak bisa membersihkan tubuh saat mandi. Sedangkan ph asam akan membuat korosif pada alat masak sekaligus mengeriputkan kulit kita. Kalau perlu ukur ph air di rumah anda untuk memastikan kesehatannya.

Mengenali ciri air berkualitas tersebut sangatlah penting. Paling tidak kita bisa menjamin kesehatan keluarga yang menggunakan air tersebut. Meskipun tidak dipakai untuk minum, tapi kita juga harus menggunakan air berkualitas untuk mencuci, mandi, atau membersihkan rumah agar terhindar dari kuman.