Daftar Makanan Yang Perlu Dihindari Penderita Diabetes

Para penderita diabetes tidak boleh sembarangan dalam mengonsumsi makanan. Sebab, kadar gula darah dalam tubuhnya telah tinggi dan apabila tidak diperhatikan dapat berujung pada komplikasi berbahaya. Selain itu, penderita diabetes juga tidak boleh sembarangan dalam beraktivitas agar tidak semakin parah yang akhirnya berujung pada kematian. Lantas, apa sajakah makanan yang tidak dianjurkan kepada para penderita diabetes? Berikut ini beberapa daftar makanan yang perlu dihindari.

Makanan Yang Boleh dan Tidak Boleh bagi Penderita Diabetes

Makanan dengan gula berlebih

Para penderita diabetes tentu perlu menghindari makanan dengan gula yang berlebihan. Sebab, penderita diabetes memiliki kadar gula yang tinggi dalam darahnya dan bisa berdampak pada berbagai komplikasi yang berbahaya. Saat membuat makanan, usahakan untuk mengurangi kadar gula atau bahkan menghindari gula sama sekali. Selain itu, hindari juga membeli minuman yang terlalu manis dengan kadar gula yang berlebih terutama gula yang berasal dari fruktosa. Karena, fruktosa berkaitan dengan resistensi insulin dan diabetes. Sehingga, kadar gula akan semakin meningkat apabila Anda rutin mengonsumsi makanan dan minuman dengan gula yang berlebih.

Lemak Trans

Suka mengonsumsi makanan seperti gorengan, selai, dan margarin? Jika iya, maka sebaiknya perlahan hindarilah makanan-makanan tersebut karena bisa berdampak kurang baik kepada penderita diabetes. Sebab, makanan-makanan tersebut mengandung lemak trans.

Lemak trans sendiri bukanlah zat yang dapat secara langsung meningkatkan kadar gula dalam darah kita. Hanya saja, lemak trans dapat meningkatkan peradangan serta resistensi insulin yang bisa membuat diabetes jadi semakin parah. Sementara itu, lemak trans juga dapat meningkatkan kadar lemak di perut yang bisa membuat berat badan jadi meningkat. Penderita diabetes yang sering mengonsumsi dengan kadar lemak trans bisa berpotensi terkena komplikasi berupa penyakit jantung nantinya.

Menghindari makanan diatas berguna agar kadar gula dalam darah penderita diabetes tidak semakin parah. Disamping itu, selalu siapkan juga diri Anda dengan rutin membaca info kesehatan terbaru dari guesehat.com. Karena, guesehat.com menyediakan info kesehatan yang valid dari sumber yang terpercaya. Sehingga, Anda bisa mendapatkan info kesehatan yang sesuai fakta seperti halnya ketika berkonsultasi dengan dokter.