Festival Museum Nusantara

Festival Museum Nusantara merupakan sebuah Festival Museum khusus untuk memperkenalkan budaya Nusantara. Tulisan ini untuk mengajak kawan-kawan yang -kebetulan- membaca untuk lebih memperkenalkan budaya dan adat-istiadat Nusantara πŸ˜‰

Latar Belakang Festival Museum Nusantara

Menurut wikipedia,

A museum is a building or institution which houses a collection of artifacts. Museums collect and care for objects of scientific, artistic, or historical importance and make them available for public viewing through exhibits that may be permanent or temporary. Most large museums are located in major cities throughout the world and more local ones exist in smaller cities, towns and even the countryside.

Dalah bahasa Indonesia, kurang lebih berarti sebuah tempat untuk menyimpan dan melestarikan benda-benda yang memiliki nilai kebudayaan atau bersejarah. Tujuannya agar nilai budaya maupun sejarah tetap lestari. Sehingga, generasi yang lebih muda akan dengan mudah mengetahui sejarah serta budaya yang terkandung di dalamnya (hehe.. translate-an yang aneh πŸ˜› ).

Maka dari itu, Festival Museum Nusantara merupakan sebuah “motivator” agar tidak meninggalkan sejarah dan kebudayaan. Pengunjung yang kian hari kian berkurang merupakan indikator bahwa museum hampir “terlupakan”. Jika anak bangsa sendiri tidak mengerti tentang budaya-nya sendiri, saat itulah bangsa kita -yang kaya akan budaya dan adat-istiadat- akan kehilangan jati diri.

Tujuan Festival Museum Nusantara

Diadakannya Festival Museum Nusantara dengan maksud untuk menarik minat masyarakat agar lebih mengenal dan mengetahui berbagai budaya yang ada di Indonesia. Dengan begitu, kita tidak perlu mengunjungi semua provinsi -yang ada di seluruh nusantara- untuk melihat budaya dan adat istiadatΒ  setempat πŸ˜‰ Lebih jauh lagi, dengan mengunjungi museum, setidaknya kita telah berusaha ikut melestarikan kebudayaan; yang mungkin saja akan menjadi bahan cerita kita nanti kepada anak-cucu tentang kekayaan budaya Nusantara 8)

Kapan Festival Museum Nusantara diadakan?

Festival Museum Nusantara ini diadakan pada bulan Januari tanggal 8 dan 9 tahun 2010. Eits, jangan takut ketinggalan, karena tanggal tersebut hanya sebagai acara pembuka untuk berbagai event yang nanti akan diadakan sepanjang tahun 2010 di Taman Mini “Indonesia Indah” (TMII). Jadi, silakan Anda berkunjung ke perhelatan akbar museum nusantara kali ini. Jangan lupa untuk mengikutsertakan si buah hati πŸ˜‰

Apa aja yang ada di Museum TMII?

BANYAK sekali yang bisa Anda temukan di sana. Mulai dari Museum Komodo sampai ke Museum Pusaka.

Khusus Museum Pusaka -museum favorit saya πŸ˜€ – , Anda tidak akan kesulitan mencarinya. Mengapa? Karena dipuncak atapnya berdiri dengan kokoh sebuah keris besar. Wuiiiih.. Kereeeeen!!

Museum Pusaka | Festival Nusantara
Museum Pusaka | Festival Museum Nusantara

Bayangkan, gimana ga keren, setahu Saya, museum pusaka ini merupakan tempat “berkumpulnya” senjata TERLENGKAP dari seluruh provinsi. Hueh.. Selain melihat bentuknya langsung, Anda juga bisa mengetahui deskripsi dan rincian berbagai benda pusaka tersebut. Eits! STOP! Dari pada Anda penasaran, mending segera meluncur ke TMII untuk melihat secara langsung πŸ˜‰

Mari bersama kita sukseskan Festival Museum Nusantara ; untuk Indonesia yang lebih baik πŸ˜‰