HP Pasarkan Tablet Android Slate 7 Seharga $169


Hewlett-Packard hari Jumat kemarin mulai memasarkan talet Slate 7 dengan sistem operasi Android 4.1 dan menandai masuknya kembali perusahaan kedalam pasar tablet setelah menyingkirkan TouchPad pada 2011 lalu.
HP Slate 7
HP berharap para pembeli lebih memilih tablet dengan harga yang agresif dibanding tablet Android lain seperti Google Nexus, Samsung Galaxy Tab dan Amazon Kindle Fire HD yang dijual dengan harga sekitar 199 USD.
Meski demikan, pesaing HP sepertinya terlindungi dengan baik melalui penawaran layanan dan konten, termasuk musik dan film bersama dengan tablet. Sementara HP mengandalkan Google untuk membawa musik, film dan acara TV ke tablet. Namun HP mengungkapkan, pihaknya akan menawarkan layanan cloud miliknya ketika saatnya tiba.
Slate 7 merupakan tablet konsumer pertama yang ditawarkan perusahaan setelah terjadinya kericuhan tablet TouchPad yang berbasis webOS pada 2011. HP saat itu mengumumkan rencananya untuk menjual atau melepas Personal System Group yang menangani produk PC dan tablet.
Tablet TouchPad yang tersisa kemudian diobral dengan harga mulai dari 99 USD dan banyak orang antri untuk memperoleh produk tersebut. Namun, perusahaan akhirnya mempertahankan Personal System Group dan menjual aset webOS mreka ke LG pada Februari kemarin.
HP juga menyatakan, pihaknya sedang bereksperimen dengan ukuran layar berbeda dan menjanjikan lebih banyak lagi rilis tablet konsumer tahun ini. selain itu, HP juga menawarkan tablet bisnis seperti ElitePad 900 berbasis Windows 8 dan Envy X2, tablet Windows 8 jenis hibrid yang dapat digunakan sebagai teblet atau laptop dengan harga sekitar 649 USD.
Menurut analis, harga, spesifikasi dan nama besar HP yang melekat pada Slate 7 akan membuat konsumen tertarik. Tablet kabarnya akan tersedia pertama kali di AS melalui website HP, serta muncul pula di website HP wilayah Inggris untuk segera di order, dengan jadwal pengiriman tanggal 1 Mei. Namun, belum diperoleh informasi mengenai waktu pemasaran untuk wilayah lain termasuk Indonesia.