Informasi Kehamilan dan Persiapannya

Kehamilan adalah sebuah anugerah dan rezeki dari Tuhan YME. Tidak semua wanita diberikan kesempatan untuk hamil, melahirkan, dan memiliki buah hati. Untuk mendapatkan keturunan yang berkualitas tinggi, sebaiknya kita mulai mencari Informasi Kehamilan dan persiapannya. Nah, berikut ini hal-hal yang harus Anda siapkan sebelum memutuskan untuk hamil.

Informasi Kehamilan 2015

Berat Badan
Hal pertama yang harus disiapkan adalah tubuh kita, termasuk status gizi. Cara paling mudah untuk mengetahui status gizi seorang wanita adalah dengan melihat berat badannya. Apakah ia termasuk golongan ideal, obesitas, atau terlalu kurus. Sebaiknya seorang wanita hamil dengan berat badan ideal untuk memperlancar tumbuh kembang buah hati sekaligus proses persalinan.

Berat badan yang terlalu rendah dikhawatirkan akan mengganggu pertumbuhan janin. Kebanyakan wanita mengalami mual muntah di awal kehamilan sehingga tubuh akan mengambil cadangan makanan untuk memenuhi kebutuhannya. Kalau ibu hamil tersebut terlalu kurus, tentu kebutuhan nutrisinya tidak tercukupi. Pengetahuan kehamilan ini sangat penting untuk calon ibu.

Selain menimbang berat badan, sebaiknya ibu juga harus mengukur lingkar lengan atasnya. Untuk dapat hamil dengan normal, LILA harus lebih dari 23 cm. Nah, periksakan dulu kondisi kesehatan Anda di bidan atau puskesmas terdekat.

Hemoglobin
Anemia sangat beresiko terhadap keselamatan nyawa ibu dan janin. Meskipun selama masa kehamilan akan diberikan tambahan zat besi, tapi sebaiknya seorang wanita hamil dalam kondisi sehat. Salah satu cara mengetahui normalitas darah Anda adalah dengan cek Hb. Info kehamilan ini jarang sekali diperhatikan oleh ibu dan petugas kesehatan. Padahal, kasus anemia pada ibu hamil di Indonesia masih cukup tinggi.

Psikologis
Persiapan selanjutnya adalah mental atau psikologis. Kalau bisa, seorang wanita hamil dengan penuh kasih sayang dari keluarga dan suami. Dukungan tersebut sangat diperlukan mengingat beratnya menjalani masa-masa kehamilan. Seorang ibu hamil harus melawan rasa sakit, berat, dan ketakutan pada dirinya. Tanpa dukungan moril dari keluarga, tentu hal ini akan sulit dilampaui.

Finansial
Persiapan finansial juga perlu dilakukan sejak dini. Mengapa? Kalau sudah ada biaya untuk kehamilan dan persalinan tentu ibu akan merasa jauh lebih tenang. Sebarkan pengetahuan kehamilan ini pada teman-teman Anda.