Inilah Menu Terbesar Sedunia, Unta Bakar Utuh Isi Kambing

Inilah Menu Terbesar Sedunia, Unta Bakar Utuh Isi Kambing – Melihat menu satu ini mungkin Anda akan berpikir itu dibuat khusus untuk pemecahan rekor dunia, namun nyatanya tidak. Di kawasan Timur Tengah ada sebuah menu satu porsi yang berukuran fantastis. Panganan itu adalah sebuah unta ukuran utuh.

Menu unta panggang tersebut merupakan bagian dari budaya etnis Bedouin yang menghuni padang pasir di semenanjung Arab. Tak diketahui nama pastinya, menu “raksasa” ini biasa dikenal sebagai “unta isi panggang”.

Sesuai namanya, panganan ini menggunakan bahan utama unta dewasa yang isinya dikeluarkan. Lalu unta itu diisi beberapa kambing yang dalamnya telah dijejali sekitar 20 ekor ayam yang juga berisi ikan-ikan. Proses memasaknya berlangsung selama 24 jam dengan cara dipanggang hingga matang kecoklatan.

Guinness Book of Records sendiri telah mengakui menu camel Turducken ini sebagai single menu paling besar sejagad. Sesuai ukurannya yang besar, menu ini biasa hadir di acara pesta atau resepsi pernikahan dengan banyak undangan.

Biasanya unta utuh ini akan diletakkan di piring besar di tengah ruangan untuk diserbu para tamu dengan pisau atau pakai tangan.

Website Snopes mengatakan ada chef asal Thailand yang pernah memasak menu tersebut untuk pesta pernikahan seorang sheik saat kerja di Arab Saudi.

Ia menuturkan biasanya unta panggang itu bisa menjamu 80-100 orang. Sedangkan resepnya sendiri sudah tercantum di buku masak internasional.