Intel Akan Umumkan Chip Atom Bertenaga Laptop


Intel lakukan desain ulang prosesor Atom sehingga memiliki performa hampir setara dengan prosesor laptop mainstream. Produsen chip kabarnya akan mengumumkan micro arsitektur Silvermont pada 6 Mei, yang akan menelurkan prosesor Bay Trail dan Merrifield masing-masing untuk tablet dan smartphone.
Intel dalam pernyataannya mengungkapkan, Dedi Perlmutter wakil presiden eksekutf Intel akan berbicara mengenai micro arsitektur Intel Atom generasi berikutnya yang ditargetkan untuk berbagai segmen pasar mulai dari perangkat hemat listrik seperti tablet dan smartphone  hingga microserver, data center dan lain sebagainya.
Atom baru menggunakan desain yang menghasilkan performa luar biasa serta chip grafik yang lebih cepat, sehingga memiliki kinerja hampir sama seperti prosesor mainstream Intel Core. Dengan kata lain, prosesor akan sangat berbeda dengan prosesor Atom sebelumnya yang telah ada sejak 2008 lalu.
Prosesor juga akan mengintegrasikan empat core pemroses berbasis desain Intel transisor 3D 22-nanometer. semuanya menrupakan pengalaman pertama bagi chip Intel, yang dirancang untuk tablet dan perangkat berukuran kecil. Sementara konsumsi listrik, sama iritnya bahkan bisa lebih hemat dari Atom saat ini.
Desain ulang merupakan langkah penting bagi Intel karena tidak diragukan lagi, tablet Windows 8 harus lebih cepat dan lebih baik dalam memproses aplikasi Windows 8 secara multitasking, yang menjadi titik lemah dari prosesor Atom.
Selain itu, muculnya persaingan baru diantara produsen chip ARM seperti Qualcomm dan Nvidia yang mendominasi perangkat Android, maka laptop dan perangkat hibrid dari produsen komputer seperti Acer dan Asus diharapkan bisa menggunakan prosesor Intel untuk menjalankan Android.
Produk dengan prosesor Bay Trail diharapkan sudah muncul pada waktu musim liburan, sementara ponsel Android yang menggunakan prosesor Merrifield harus sudah muncul pada awal tahun depan.