Iran Dituding Teror Kanada, Bagaimana Reaksi Iran?

Menteri Luar Negeri Iran Ali Akbar Salehi.

BERITA TERKINI, Iran membantah keterkaitan apapun dengan tuduhan rencana menggelincirkan sebuah kereta api penumpang Kanada.

Pihak berwenang Kanada menuduh dua lelaki merencanakan serangan terhadap kereta di kawasan Toronto dengan dukungan unsur-unsur Alqaidahi Iran, meskipun tidak ada klaim bahwa rencana serangan tersebut disponsori oleh Iran.

Menteri Luar Negeri Iran Ali Akbar Salehi menyebut klaim Kanada mengenai keterkaitan Iran itu menggelikan dan dibuat-buat. Iran dan Kanada tidak memiliki hubungan diplomatik sejak 2012. Sidang mengenai penetapan uang jaminan bagi Chibeb Esseghaier, 30 tahun, dan Raed Jaser, 35 tahun, ditetapkan berlangsung Selasa ini di Toronto seperti dilansir situs voa.

Meskipun para penyidik menyatakan kedua lelaki itu memiliki kemampuan dan niat untuk melancarkan serangan, tetapi tidak ada ancaman langsung terhadap masyarakat, pegawai kereta api, penumpang ataupun infrastruktur kereta api.

Polisi Kanada menyatakan dapat menangkap kedua lelaki itu dengan bantuan pihak berwenang Amerika. Rencana itu tidak terkait dengan pengeboman di Maraton Boston di Amerika Serikat pekan lalu.

Sumber: Republika.online