Iris, Chip Grafik Masa Depan Intel


Intel merilis detail mengenai chip grafik yang akan muncul di laptop, hybrid dan desktop mendatang yang dinamai Iris. Raksasa chip hari Rabu mengungkapkan, chip grafik Iris akan terintegrasi kedalam prosesor Haswell, sebutan untuk prosesor Intel Core generasi keempat.
Intel dalam suatu pernyataan menyatakan, grafik Iris akan menghadirkan pengalaman visual yang akan memanjakan mata, tanpa perlu lagi grafik tambahan.
Akan ada peningkatan ganda performa 3D melebihi chip generasi ketiga Intel Core “Ivy Bridge,” baik untuk prosesor seri U maupun prosesor Mobile seri H yang masing-masing dirancang untuk ultrabook dan laptop dengan performa tinggi.
Sementara prosesor Seri R untuk desktop, akan ada peningkatan performa 3D tiga kali lebih besar dari Ivy Bridge. Selain itu, grafik Iris pada prosesor Mobile Seri H dan Seri R akan mencakup memory high speed eDRAM atau embedded DRAM.
Intel menambahkan, Iris akan menawarkan proses editing video dan photo yang lebih cepat melalui teknologi Quick Sync Video dan MJPEG accelaration. Selain itu, grafik silikon baru juga menawarkan dukungan yang lebih kuat untuk resolusi layar UltraHD 4K dan multi display, sekaligus support terhadap OpenCL dan application programming interface (APIs) DirectX 11.1.
Produsen chip yang harus menghadapi gempuran dari kubu ARM ini diharapkan sudah menggelar prosesor Haswell pada bulan Juni saat perhelatan Computec dan sistem baru diharapkan muncul pada saat yang tepat.