Jelajahi 5 tembok terunik di dunia!

Katakepo.blogspot.com – Dinding bisa menjadi media seni dan sekaligus media untuk menyuarakan pendapat masyarakat terhadap kebijakan pemertintah. Berikut kami sajikan lima tembok paling unik di dunia yang tidak hanya memiliki nilai artistik, tetapi juga sejarah. Mari kita simak bersama!

1.
Security Wall, Tepi Barat, Israel

Security Wall merupakan tembok pemisah yang dibangun di sepanjang Tepi Barat, Israel, atau di sepanjang garis gencatan senjata 1949 atau Green Line. Rencananya, tembok ini akan dibangun sepanjang 700 kilometer.

Pembangunan tembok ini diklaim sebagai upaya Israel untuk melindungi warga sipil mereka dari serangan teroris Palestina. Serangan bom bunuh diri saat itu memang meningkat pesat selama Intifada Kedua. Dan pembangunan tembok penghalang itu disinyalir telah mengurangi kasus kematian akibat adanya bom bunuh diri.

2.
Vietnam Veterans Memorial, Washington D.C., Amerika Serikat

Vietnam Veterans Memorial dibangun untuk mengenang jasa angkatan bersenjata Amerika Serikat yang berjuang di Perang Vietnam, yang meninggal di medan perang, dan yang hilang selama perang tersebut berlangsung. Monumen nasional yang dibangun di Washington D.C. ini terdiri dari tiga bagian yang terpisah, yaitu patung tiga tentara, Vietnam Women’s Memorial, dan Vietnam Veterans Memorial Wall.

Pada tahun 1982, bagian utama dari monumen bersejarah ini berhasil dirampungkan. Bagian utama dari monumen ini dibangun di sekitar Constitution Gardens berdekatan dengan National Mall, tepat di sebelah timur laut Lincoln Memorial. Monumen yang dikelola oleh U.S. National Park Service ini menerima sekitar 3 juta pengunjung setiap tahun.

3.
Lennon Wall, Praha, Republik Ceko

Lennon Wall atau juga dikenal sebagai John Lennon Wall, adalah sebuah tembok yang dibangun di Praha, Republik Ceko. Tembok ini dulunya hanyalah sebuah tembok biasa. Namun, pada tahun 1980-an, orang-orang yang terinspirasi dengan John Lennon memenuhi tembok itu dengan grafiti suami Yoko Ono itu dan potongan lirik lagu Beatles.

Kemudian pada tahun 1988, tembok ini dijadikan media untuk menyerukan kritikan kepada rezim komunis Gustav Husak. Hal itu sempat menyebabkan bentrokan antara ratusan mahasiswa dan polisi keamanan di dekat Charles Bridge.

4.
Belfast Peace Line, Belfast, Irlandia Utara

Tembok perdamaian ini dibangun untuk mencegah bentrokan antar-komunal yang terjadi antara Katolik (yang sebagian besar adalah nasionalis yang mengidentifikasi diri sebagai Irlandia) dan Protestan (yang sebagian besar menjadi anggota serikat yang mengidentifikasi diri sebagai British).

Tembok yang dibangun dengan tinggi sekitar 7,6 meter ini pertama dibangun pada tahun 1969 – menyusul pecahnya kerusuhan di Irlandia Utara. Jumlah tembok ini awalnya cuma sedikit, namun kemudian terus berkembang dari tahun ke tahun. Jumlah tembok ini total mencapai 34 km, yang sebagian besar terletak di Belfast.

5.
“Ecobarriers” di Rio de Janeiro, Brasil

Tembok setinggi 3 meter ini dibangun untuk melindungi kawasan hutan hujan di Rio de Janeiro, Brasil, yang terancam terkena ekspansi permukiman kumuh. Masyarakat yang tinggal di sekitar kawasan kumuh di dekat tembok itu mengkritik keras adanya pembangunan pembatas itu. Mereka menilai pemerintah ingin mengandangkan mereka selayaknya binatang.

PBB sendiri telah meminta penjelasan Brasil tentang adanya diskriminasi geografis yang terjadi di negara samba itu. Tembok beton yang dibangun pada awal Maret 2009 ini mengelilingi favela Dona Marta (sebutan untuk daerah kumuh di Brasil), yang menjamur di atas bukit Corcovado di atas Rio de Janeiro.