Jika Anak Mengalami Susah Makan

Picky eater atau kondisi anak yang memilih-milih makanan adalah salah satu masalah yang sering dijumpai orang tua. Kesulitan anak memakan berbagai jenis makanan dapat membuat orangtua khawatir jika kebutuhan gizi si kecil tidak tercukupi karena hanya mengonsumsi jenis makanan yang itu-itu saja. Cara mengatasi anak susah makan tidak bisa dilakukan sembarangan karena dapat membuat perilaku anak menjadi berlarut-larut. Untuk itu berikut kami berikan beberapa langkah untuk menghadapi anak yang mengalami susah makan.

Cara mengatasi Anak yang sulit makan

  1. Tetaplah konsisten, jangan menyerah pada kondisi anak yang sulit makan. Terus sediakan tiga kali makan utama dan dua kali waktu makan camilan sehat diantara waktu makan utama tersebut. Sediakan berbagai variasi jenis makanan dan hindari anak memakan camilan di luar waktu makan yang sudah Anda tentukan. Jika ia hanya mengonsumsi sedikit makanan yang Anda sediakan, jangan dipaksa. Anak akan tetap makan jika ia sudah merasa lapar. Tetap sediakan saja makanan sesuai dengan waktu makan.
  2. Redakan rasa stress terhadap kondisi anak. Terkadang orangtua melibatkan emosi dalam memaksa anak untuk memakan makanannya. Hal ini justru dapat berdampak buruk pada psikologi anak dan menganggap waktu makan sebagai hal yang harus dihindari. Untuk itu, cara mengatasi anak susah makan yang tepat adalah dengan menyediakan porsi dalam jumlah sedikit agar anak tetap memakan makanan yang Anda sediakan tanpa cepat merasa kenyang. Hal ini juga mengurangi resiko anak menolak makan karena jumlah yang sedikit akan tetap membuat anak merasa lapar setelah periode waktu tertentu.
  3. Terkadang orangtua menyerah pada kemauan anak dan hanya menyediakan jenis makanan yang ia sukai yang penting anak mau makan. Hal ini dapat membuat anak tumbuh menjadi pemilih makanan sampai ia dewasa dan tentu tidak baik untuk perkembangannya. Tetap sediakan berbagai jenis variasi makanan dalam piring anak dan sediakan satu jenis makanan favoritnya dalam jumlah sedikit. Ketika ia sedang lapar, sajikan jenis makanan yang bukan favoritnya karena anak cenderung memakan apa saja saat lapar.
  4. Buat waktu makan menjadi menyenangkan. Jika anak sudah mengasosiasikan meja makan sebagai sesuatu yang mengerikan, tips menghadapi anak sulit makan yang satu ini dapat menjadi pilihan yang sangat tepat. Rencanakan waktu makan di halaman rumah seperti sedang piknik atau membuat permainan seperti sedang makan di restoran dan munculkan anggota keluarga sebagai pelayan. Hal ini akan membuat anak menjadi menyukai waktu makan.