Ketahui 8 manfaat kesehatan dari si imut bunga dandelion

Katakepo.blogspot.com – Kebanyakan orang berpikir bahwa bunga dandelion adalah bunga yang hanya bermanfaat untuk dekoratif atau hiasan. Namun seperti dilansir dari magforwomen.com, ternyata bunga ini menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan.

Berikut adalah beberapa manfaat kesehatan dari bunga dandelion yang harus Anda ketahui.

Meningkatkan kesehatan tulang
Dandelion kaya akan kalsium yang sangat bagus untuk kesehatan tulang. Nutrisi ini juga baik untuk memerangi keausan tulang yang disebabkan karena penuaan.

Menjaga kesehatan pencernaan
Dandelion mampu meningkatkan nafsu makan dan kesehatan pencernaan seseorang. Sebab dandelion mampu mengurangi bakteri buruk yang ada di dalam sistem pencernaan seseorang.

Mengurangi risiko penyakit hati
Antioksidan serta vitamin C yang ada di dalam dandelion mampu mengusir racun yang ada di dalam hati Anda. Kandungan sehat ini mampu mengatur produksi empedu dan memaksimalkan kerja organ hati.

Melawan kanker
Daun bunga dandelion kaya akan fitonutrien yang membantu mencegah kanker dan memperlambat pertumbuhan sel kanker.

Memperkuat imunitas
Dandelion adalah tanaman herbal yang cukup efektif dalam memerangi mikroba dan jamur berbahaya yang dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh seseorang.

Menurunkan tekanan darah
Dandelion memiliki sifat diuretik yang sangat berguna dalam menjaga tekanan darah. Kalium dan serat yang ada di dalam dandelion juga bermanfaat untuk hal ini.

Mengurangi jerawat
Teh dandelion mempunyai manfaat untuk mengeluarkan racun yang ada di dalam tubuh. Racun ini salah satunya mampu menyebabkan jerawat. Sehingga mengonsumsi teh dandelion baik untuk mengurangi jerawat.

Membantu dalam penurunan berat badan
Karena dandelion memiliki sifat diuretik di dalamnya, maka dapat menyebabkan lebih banyak buang air kecil yang membantu dalam penurunan berat badan. Sebab semakin banyak lemak yang dikeluarkan melalui kotoran, maka berat badan Anda dapat turun.

Dandelion dapat diolah menjadi berbagai macam makanan dan minuman sehat. Salah satu bentuknya yang paling umum adalah teh dandelion. Namun Anda juga harus berhati-hati, bahwa dandelion mampu menyebabkan alergi pada beberapa orang. Oleh karena itu, berkonsultasilah dengan dokter sebelum Anda mengonsumsinya.