Keuntungan Melakukan Perawatan Preventif Bagi Genset Diesel

Masalah pemadaman listrik oleh PLN seringkali meresahkan dan membuat banyak pekerjaan menjadi tertunda. Listrik yang sudah dianggap sebagai nyawa kehidupan manusia penting dan harus selalu tersedia. Apalagi untuk gedung perkantoran dan industri yang seluruh sistem kerjanya mengandalkan listrik.

Bayangkan saja ketika gedung perkantoran atau pabrik industri mengalami pemadaman listrik tiba – tiba, semua aktivitas kerja bisa dipastikan akan lumpuh. Untuk mengantisipasi hal ini, sistem kelistrikan pada perkantoran, industri, perhotelan, maupun restauran, biasanya dihubungkan dengan genset diesel.

Genset diesel ini harus diintegrasikan dengan sistem kelistrikan pada gedung perkantoran, industri, maupun perhotelan, supaya ketika listrik PLN padam, aliran listrik tidak akan terputus, dan langsung digantikan oleh sistem listrik dari genset diesel. Sehingga efek pemadaman listrik tidak dirasakan.

Berbagai Keuntungan Perawatan Preventif Diesel

perawatan diesel generator

Supaya genset diesel ini menjalankan fungsinya sebagaimana mestinya, pastikan agar rajin melakukan perawatan secara berkala. Salah satu perawatan yang bisa dilakukan adalah perawatan pencegahan (preventive maintenance). Banyak keuntungan yang bisa diperoleh dengan melakukan perawatan preventif bagi genset diesel ini. Berikut berbagai keuntungannya:

  • Pertama, memperkecil kerugian waktu operasi atau produksi. Pada kegiatan perkantoran, terlebih pada kegiatan industri, waktu operasi atau proses produksi tidak boleh berhenti karena mesin sedang dilakukan perawatan. Jadi, pada perkantoran atau industri besar, memiliki lebih dari satu genset. Sehingga ketika salah satunya dilakukan perawatan, bisa menggunakan yang lain.
  • Kedua, perawatan preventif dapat mengurangi biaya perbaikan. Mesin yang benar-benar rusak biasanya membutuhkan biaya perbaikan yang lebih mahal daripada biaya perawatan mesin. Ketiga, perawatan preventif akan meminimalisir tertundanya jadwal yang telah ditentukan.

Perawatan preventif terhadap genset diesel biasanya difokuskan pada unit kritis atau unit vital. Maksudnya, apabila unit tersebut rusak, maka dapat mengancam keselamatan atau kesehatan, menurunnya kualitas produk, menunda proses produksi, serta menimbulkan kerugian finansial.

Sebelum unit vital pada genset diesel mengalami kerusakan, lakukanlah perawatan preventif. Sewatama bisa diandalkan sebagai penyedia jasa perawatan genset diesel. Mengingat seberapa pentingnya melakukan perawatan preventif sebagaimana dijelaskan pada https://sewatama.com/pentingnya-perawatan-preventif-bagi-genset-diesel/.

Sewatama sudah memiliki pengalaman lebih dari 22 tahun dalam memberikan layanan jasa dalam bidang kelistrikan. Jika tertarik, kunjungi website sewatama.com untuk informasi lebih lanjut.