Kunjungan AL Singapura ke Bakamla RI

Badan Keamanan Laut Republik Indonesia (Bakamla RI) menerima kunjungan kehormatan (courtessy call) dari Kepala Staf Angkatan Laut Singapura Laksdya Ng Chee Peng yang diwakili oleh Laksda Lai Chung Han. 

Rombongan Angkatan Laut Singapura (Republic Singapore Navy/RSN) diterima oleh Plt. Bakamla Laksdya TNI Dr. Desi Albert Mamahit yang diwakili oleh Plt. Deputi Kebijakan dan Strategi (Jakstra) Bakamla Laksma Maritim Satria F. Maseo dan para pejabat Bakamla eselon III dan IV di ruang Puskodal, kantor pusat Bakamla Jl. Dr. Sutomo no.11 Jakarta Pusat (24/02/2015).

Rombongan RSN mendapatkan paparan mengenai sistem peringatan dini (early warning system/EWS) yang dimiliki oleh Bakamla. Dalam presentasi yang dismpaikan oleh Kasubbid Pengolahan Sistem dan IT, dibahas mengenai pengamanan Selat Malaka dan pendeteksian dini atas kegiatan mencurigakan dari kapal-kapal yang melintas di perairan antara  Indonesia dan Singapura (Selat Phillips).

Kunjungan ini dimaksudkan untuk lebih meningkatkan kerjasama Bakamla dengan RSN yang selama ini telah berlangsung dengan baik. Sebelumnya dalam kunjungannya 22-24 Februari 

RSN telah mengunjungi Menko Polhukam Leksamana TNI (Purn.) Tedjo Edhy Purdijatno dan Panglima TNI Jenderal TNI Dr. Moeldoko. Setelah mengunjungi Bakamla, RSN akan mengakhiri kunjungannya di Indonesia dengan mengunjungi  Kementerian Pertahanan

Sumber : Jurnalmaritim