Latgabma : Pilot Thailand Terkesan Terbang di antara Asap

Pekanbaru: Latihan bersama TNI AU Indonesia dan Thailand tetap berlangsung ketika Riau masih diselimuti kabut asap. 

Lantas apa kesan dari pilot Thailand yang baru pertama kali terbang di antara angkasa Riau yang berasap.

“Terima kasih kepada asap karena asap ini membuat latihan ini sangat berkesan. Ini pengalaman baru terbang di antara asap karena di Thailand kami tidak menemukan hal seperti ini,” kata Grup Captain (Kolonel) Napaded Dhupatemiya, Kamis, (27/6) di Pangkalan TNI AU (Lanud) Roesmin Nurjadin , Pekanbaru, Riau.

Latihan bersama dengan sandi Elang Thainesia 2013 ini berlangsung dari 24 Juni hingga 5 Juli mendatang.

Angkatan Udara Thailand dalam misi latihan ini membawa empat unit pesawat tempur Aplha Jet dan 99 personil yang 24 di antaranya penerbang.

Napaded yang menjadi Direktur Latihan Angkatan Udara Thailand dalam program ini mengatakan rencananya pihaknya berencana melaksanakan 46 kali penerbangan.

“Tapi karena ada asap, mungkin kita tidak komplit melaksanakan seluruhnya. Target kami 70% dari seluruh operasi ini bisa dilaksanakan,” ujarnya.

Sementara Kolonel Pnb Ismet Ismaya Saleh, Perwira Pembantu (Paban) III Staf Operasi Mabes TNI AU mengatakan Indonesia dalam latihan bersama ini melibatkan Skuadron 12 Lanud Roesmin Nurjadin, Pekanbaru.

“Kita pakai empat pesawat Hawk 100/200 dalam latihan ini,” kata Ismet yang menjadi ketua delegasi Indonesia dalam latihan ini. (Bagus Himawan)

Sumber : Metro