Latihan Gabungan TNI Bakal Penuh Ledakan

Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI) Jenderal Moeldoko menjamin akan mengerahkan seluruh kekuatan senjatanya pada latihan gabungan (latgab). Latgab ini pun diperkirakan akan penuh ledakan.

“Latgab akan memunculkan fire power, semua kekuatan senjata akan dimunculkan,” ujar Moeldoko di Pangkalan Udara (lanud) Halim Perdana Kusuma, Jakarta Timur, Senin (19/5/2014).

Moeldoko mengatakan pihaknya siap memuntahkan amunisi yang dimiliki. Baik itu yang berada di angkatan darat, angkatan udara, dan angkatan laut pada latgab yang digelar pada 1 – 5 Juni mendatang.

Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana Marsetio menerangkan di kesempatan itu pihaknya akan menguji rudal-rudal miliknya. “Rudal jangkauan 330 km sampai yang 120 km. Ada torpedo dan meriam juga,” ujar Marsetio.

Sementara, angkatan laut akan mengeluarkan berbagai pesawat tempur miliknya, diantaranya Sukhoi, F-16, dan Super Tucano. Mereka juga akan menjajal amunisi miliknya. “Roket, light bom buatan dalam dan luar negeri. Coba juga rudal yang baru kita beli,” kata Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal I B Putu Dunia.

Angkatan darat pun berjanji akan menunjukan tank miliknya, seperti Tank Scorpio, dan Stromer. Mereka juga tak lupa akan mencoba sistem pertahanan yang dimilikinya. “Coba menggunakan multi laucher system yang lama, menghabiskan amunisi yang ada. Juga penangkis serangan udara dan roket,” ucap Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal Budiman.

Sementara itu, Moeldoko menerangkan dirinya memang ingin melihat kesiapan prajuritnya saat menghadapi ancaman. “Saya juga mau lihat apa bisa angkatan udara melakukan pertempuran udara, kita cek nanti,” tutup Moeldoko.

Sumber : Metro