LG Capai Rekor Angka Pengiriman Smartphone


LG Electronic berhasil mencapai rekor angka pengiriman smartphone untuk kuartal pertama 2013. Produsen ponsel asal Korea tersebut telah mengirim 10.3 juta smartphone untuk kuartal pertama yang berakhir pada bulan Maret dan merupakan angka pengiriman tertinggi sejak perusahaan terjun kedalam bisnis smartphone.
Sementara pendapatan LG dari bisnis moble mencapai 1.21 triliun won atau sekitar 2.86 milyar USD, naik hingga 28.5 persen dari kuartal yang sama tahun sebelumnya. Menurut perusahaan, pencapaian angka pengiriman tersebut disebabkan penjualan yang sehat produk ponsel seperti Optimus G dan Optimus G Pro sekaligus smartphone 3G seperti Optimus L Series dan Nexus 4.
LG berharap mereka bisa kembali meraih keuntungan besar dari pengiriman dan penjualan smartphone pada quartal berikutnya dengan diluncurkannya Optimus L Series II, Optimus G Pro 5.4 inci Full HD serta ponsel seri Optimus F.
Kondisi kurang baik terjadi pada bisnis televisi LG. Penjualan LCD TV meningkat di Eropa serta negara-negara berkembang seperti China. Namun, pendapatan dari bisnis perangkat hiburan rumah turun menjadi 4.44 milyar USD, karena lesunya penjualan TV plasma.
Pasar TV diperkirakan LG masih bergerak lamban, namun kedepannya perusahaan berniat memperoleh pendapatan lebih baik dengan meluncurkan Smart TV 3D terbaru dan TV Ultra HD.
Keuntungan LG secara keseluruhan mencapai 20.3 juta USD, turun tajam dari periode yang sama tahun lalu yang mencapai angka 221.7 juta USD. Namun, pendapatan perusahaan naik sebesar 6.8 persen menjadi 13.01 milyar USD dan keuntungan sebagian besar disumbang oleh bisnis ponsel.