Menhan Resmikan Assessment Center

Jakarta – Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro meresmikan pembangunan dan perkembangan Assessment Center Kemhan, di Gedung S. Parman Lantai II, Kementerian Pertahanan, Jumat (10/5/2013).

Assessment and Development Center adalah suatu proses yang terstandar guna menilai dan mengukur kompetensi dan potensi untuk memprediksi keberhasilan pegawai dalam suatu jabatan melalui beberapa alat ukur. Proses ini didasarkan pada standar kompetensi jabatan yang bersangkutan dan dilakukan oleh beberapa orang assesor.

Para assesor tersebut datang dari kalangan dalam Kemenhan yang telah dibekali secara khusus. “Assesornya orang kita sendiri yang sudah dididik dan (dalam proses pemilihan asesor kami) kerjasama dengan 90% orang psikolog UI,” jelas Kepala Biro Kepegawaian Kemenhan Brigjen TNI Sumardi.

Saat ini, jumlah seluruh assesor adalah 16 orang. Para assesor merupakan individu pilihan dari 19 orang kandidat yang berhasil melewati sejumlah tes. “Jadi assesor harus punya kepercayaan diri dan intelijen yang tinggi,” tandas Sumardi.

Selain melakukan proses penilaian dan pengukuran keberhasilan pegawai, beberapa kegiatan lain yang dilaksanakan oleh Assassment Center adalah pelaksanaan pengambilan data psikologi pegawai Kemhan, melaksanakan Benchmarking Assassment Center ke Melbourne Bussines School Australia, dan Assassment Center bagi eligible Eselon IV Kemenhan

Sumber : Inilah