Menyiapkan Pos Keuangan Sebelum Tanda Tanda Mau Melahirkan Datang

Memiliki buah hati adalah anugerah terindah dan momen yang paling ditunggu oleh setiap pasangan. Kehadiran buah hati mampu menjadi pelengkap rumah tangga. Namun, tentunya sebelum buah hati hadir dan tanda tanda mau melahirkan datang, ibu dan ayah perlu menyiapkan banyak hal, agar proses kehamilan hingga persalinannya nanti dapat berjalan lancar. Tak masalah, baik anak laki-laki maupun perempuan harus berjalan lancar.

Banyak alasan yang membuat beberapa pasangan memutuskan untuk menunda untuk memiliki momongan. Boleh saja menunda, namun sebaiknya jangan terlalu lama menunda. Jika memang sudah memiliki rencana, maka segera jabarkan rencana secara menyeluruh agar proses kehamilan hingga persalinannya berjalan lancar.

Menyiapkan Biaya Sebelum Melahirkan

Salah satu hal yang harus dipersiapkan saat menyambut si kecil adalah menyiapkan keuangan. Ada beberapa pos keuangan yang harus dipersiapkan. Dengan adanya persiapan keuangan ,maka diharapkan semua proses akan berjalan lancar. Untuk merencanakan kehamilan, dibutuhkan beberapa pos keuangan,  diantaranya

  1. Persiapan Biaya Persalinan
    Salah satu dana utama yang harus dipersiapkan adalah dana persalinan yang harus dikeluarkan. Selain itu, jangan lupakan dana-dana lain,seperti dana pemeriksaan baik ibu dan bayi setelah lahir sebelum Tanda Umum Kehamilan datang
  2. Persiapan Untuk Syukuran dan Aqiqah
    Memiliki momongan tentu menjadi anugerah terindah dalam hidup yang harus disyukuri. Tentu Anda ingin berbagi kebahagiaan Anda bersama orang terdekat bukan? Maka persiapkan dana untuk syukuran atau aqiqah.

    Bagi Anda yang beragama Islam, tentu memahami adanya tuntunan aqiqah bagi bayi yang telah lahir. Untuk bayi laki-laki dibutuhkan 2 ekor kambing, sedangkan untuk bayi perempuan cukup satu saja. Tak ada salahnya mempersiapkan diri untuk membeli dua ekor kambing. Jika memang nanti yang lahir adalah bayi perempuan, maka sisa dananya bisa dimasukkan kembali ke dalam tabungan untuk keperluan lain.

  3. Persiapan Membeli Perlengkapan Bayi
    Bayi yang baru lahir tentu membutuhkan perlengkapan khusus yang harus dipersiapkan. Ayah Ibu bisa membelinya di toko khusus perlengkapan bayi. Jika tak mau repot mengantri, Anda bisa membelinya di toko online. Anda bahkan bisa berburu barang diskon lho. Cukup siapkan rekening saja untuk transfer dan barang akan diantar. Untuk itulah, sebaiknya pesan jauh-jauh jari ya Ibu, karena memang membutuhkan waktu pengiriman dan Ibu juga harus mencuci kembali bajunya sebelum digunakan pada si kecil agar lebih aman dan higienis. Pesan sebelum tanda-tanda mau melahirkan datang.

    Untuk mainan, sebaiknya Ibu menyewa saja. Saat ini banyak jasa sewa mainan, karena membeli mainan mahal pun nantinya jika si kecil semakin besar tidak akan digunakan lagi. Jadi, tak ada salahnya menyewa saja.

  4. Menabung Sejak Merencanakan Kehamilan
    Semua keputusan ada resikonya, termasuk saat Anda memutuskan untuk memiliki momongan, maka Anda juga harus mempersiapkan diri, termasuk biayanya. Selain mental maka biaya menjadi hal yang perlu dipertimbangkan.

    Ada baiknya Anda mulai menabung sebelum mulai merencanakan kehamilan. Ada baiknya jangan langsung terburu-buru. Anda dan pasangan membutuhkan waktu untuk mengenal satu sama lain (pacaran sebelum menikah) dahulu sebelum akhirnya memutuskan untuk memiliki momongan.

    Selain itu, biarkan uang untuk pernikahan pulih dahulu dan mulailah menabung untuk melanjutkan tahap hidup selanjutnya.

  5. Dana Lain-Lain
    Siapkan juga dana lain-lain untuk keperluan tak terduga, misalnya saja kita berharap ibu memiliki persalinan yang normal. Namun, kita tidak tahu apakah pada akhirnya nanti ibu harus menjalani persalinan dengan operasi caesar? Atau ada tambahan dana tertentu? Persiapkan hal ini sebelum tanda-tanda mau melahirkan datang.