Microsoft Raih 7.4 Persen Pangsa Pasar Tablet


Apple iPad terus mendominasi pasar tablet global pada kuartal pertama dan Android semakin ketat membuntuti dibelakang. Sementara tablet berbasis Windows berhasil meraih 7.4 persen pasar tablet.
Menurut data Strategy Analytics, raksasa software yang berpusat di Redmond telah menjual 3 juta tablet dalam kuartal pertama dan berhasil meraih 7.4 persen pangsa pasar. Angka tersebut naik dari nol persen selama kuarta yang sama periode tahun lalu dan pada dasarnya, sistem operasi Microsoft Windows 8 baru diluncurkan bulan Oktober.
Meski mengalami pertumbuhan, namun Windows masih tertinggal dibelakang Google Android dan Apple iOS.
Apple telah mengirim 19.5 juta iPad keseluruh dunia pada kuartal pertama dengan 49 persen pangsa pasar, turun dari kuartal pertama tahun lalu yang mencapai angka 63.1 persen. sementara Android berhasil meraih 43.3 persen pangsa pasar tablet global dengan mengirim 17.6 juta tablet, naik dari sebelumnya yang hanya 34.2 persen. Peter King dari Strategy Analytics menyebut angka kenaikan itu sebagai record.
King mengungkapkan, pengiriman tablet pada kuartal pertama secara keseluruhan merupakan yang tertinggi sepanjang kuartal dengan 40.6 juta unit. Naik hingga mencapai 117 persen selama kuartal pertama, sementara selama 2012 hanya tumbuh mencapai 146 persen. Menurut King, permintaan tablet dilakangan konsimen, bisnis dan pendidikan masih kuat.
Sementara data dari Gartner mengungkapkan, pergeseran dari PC ke tablet mulai berlangsung. Perusahaan awal bulan ini menyatakan, pada 2013 pasar PC desktop dan laptop diperkirakan turun sebesar 7.6 persen menjadi 315 juta unit dan akan terus turun selama empat tahun kedepan sebagai imbas dari pertumbuhan pasar tablet.