Moeldoko: Jika Malaysia Bangun Mercu Suar, Wilayah Indonesia Terpangkas

Panglima TNI Jenderal Moeldoko mengatakan masalah pelanggaran batas wilayah perairan Indonesia oleh pihak Malaysia di Tanjung Datuk kerap muncul. Wilayah ini berada di daerah perbatasan Kalimantan Barat dengan Sarawak.
 
Moeldoko menyebutkan, jika Malaysia jadi membangun mercusuar di wilayah perairan Tanjung Datuk, Kecamatan Paloh, Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat, Indonesia kehilangan 143 kilometer persegi.

“Kalau versi Malaysia sekarang ini berjalan, Indonesia akan kehilangan 143 kilometer persegi. Maka itu, kami akan melakukan pertemuan bulan depan,” kata Moeldoko usai peresmian media center di Mabes TNI Cilangkap, Rabu (28/5/2014).

Lebih lanjut, Moeldoko mengatakan, Indonesia dan Malaysia telah bersepakat agar pembangunan mercusuar disetop. Dirinya mengaku sudah menggelar rapat bersama yang ikut dihadiri kepala daerah terkait.

Dalam rapat tersebut, Bupati Sambas memiliki sejumlah keluhan. “Yaitu sering masyarakat nelayan Indonesia diusir, karena kita sendiri belum memberikan kejelasan yang pasti atas perbatasan,” katanya.

Sumber : Tribun