Nikon Patenkan Proteksi Password Lensa Kamera


Nikon mengajukan patan untuk sistem otentifikasi yang dapat meningkatkan keamanan lensa kamera, melalui perindungan password bila digunakan.
Paten yang telah diajukan sejak September 2011 dan baru diumumkan bulan ini, akan memerlukan otentikasi pengguna sebelum kombinasi dari bodi kamera dan lensa dapat digunakan bersama-sama. Sehingga bila pengguna tidak memiliki password, tidak akan bisa mengambil gambar.
Ide ini tujuannya bukan hanya mencegah pencurian, namun juga mencegah perangkat yang dicuri dijual kembali. Ide ini juga diharapkan, para pencuri akan  berfikir ulang untuk mencuri lensa jenis tersebut.
Nikon mengajukan paten bernomor 2013-51508 di Jepang pada tanggal 14 September 2011. Paten ini diterbitkan dua minggu lalu atau tepatnya pada tanggal 4 April. Publikasi dari pengajuan paten tersebut merupakan sinyal sejak tanggal tersebut publik bisa melakukan peninjauan sebelum menjadi hak paten untuk diaplikasikan keseluruh dunia.
Penjelasan mengenai sistem otentifikasi dalam dokumen pengajuan paten sulit dipahami melalui Google Translate karena menggunakan bahasa Jepang. Namun menurut website Nikon, autentifikasi akan meliputi penetapan password serta sebuah link antara lensa dan nomor seri kamera.
Namun, Nikon tidak menjelaskan aturan mengenai konfigurasi password dan bagaimamana cara mereset password bagi pengguna yang lupa. Maupun, pekiraan berapa banyak orang yang akan menulis password miliknya pada sebuah kartu atau sejenisnya, kemudian disimpan kedalam tas kamera mereka.