Pangandaran Memungkinkan Punya Pangkalan TNI AL

PANGANDARAN, (PRLM).- Dengan kondisi laut yang dimiliki oleh Kabupaten Pangandaran, Daerah Otonom Baru (DOB) tersebut memungkinkan untuk dibangun pangkalan. Maksudnya, pangkalan dari Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL).

 “Untuk apakah perlu tidaknya pembuatan pangkalan TNI AL di sini, itu adalah kebijakan dari pusat. Namun, menurut saya Kabupaten Pangandaran memungkinkan untuk mendirikan pangkalan di sini,” ucap Komandan Pangkalan TNI AL Bandung, Kolonel Laut (p) Iswan Sutiswan, Jumat (21/6/2013).

 Dikatakan dia, kondisi perairan yang ada di Kabupaten Pangandaran cocok. Bahkan, tidak akan sulit untuk menentukan letak pangkalan nantinya. Kemudian, untuk tipe apakah pangkalan yang akan dibuat, itu tergantung dari kebutuhan. Lalu dari tingkat kerawanannya juga. “Itu disesuaikan dengan tingkat ancamananya. Jadi, nantinya alutsista dan tipe pangkalannya dapat ditentukan,” ujarnya.

Alasan lain jika pangkalan TNI AL memungkinkan untuk didirikan di Kabupaten Pangadaran, melihat wilayah. Kondisi dari daerah tersebut angsung menghadap ke Samudra Hindia, juga benua Australia. Kondisi ini membuka peluang bagi lawan. Sudah sepatutnya kita memperkuatnya,” jelasnya. Nantinya, patroli yang dilakukan yaitu dengan menggunakan alat utama sistem senjata (alutsista). 

Bisa patroli dengan kapal perang, atau pesawat terbang. Dan, itu semua sesuai dengan sietem operasi yang ada. Saat ini di wilayah selatan pulau Jawa ada patroli yang selalu dilakukan. Juga hingga ke Selat Sunda. “Kalau tidak kapal yang ke sini, pesawata yang akan lewat,” ujar Iswan. Walaupun kini belum ada pangkalan, TNI AL memiliki pos di Kabupaten Pangandaran. Petugas yang ada di sana, melakukan patroli dan pengamanan perairan. “Dari itu semua, kita lihat ancamannya seperti apa. 

Kalau tinggi, maka kapal perang kita tongkrongkan di sini,” ucapnya. Sementara itu, Penjabat Bupati Kabupaten Pangandaran Endjang Naffandy menyambut gembira dengan usulan yang diutarakan Iswan. 

Kalaupun belum akan dibuat pangkalan, dirinya berharap segenap pihak dapat bersinergi dan terus berkoordinasi dalam menjaga keamanan dari Kabupaten Pangandaran. “Seperti diketahui, wilayah dari Kabupaten Pangandaran cukup luas. Ada pegunungan dan laut. Kita pun ada tiga matra TNI di sini,” ucapnya.(A-195/A-147)***

Sumber : Pikiran Rakyat