PASUKAN DARAT GABUNGAN LAKSANAKAN SERANGAN DAN KUASAI GT-1

Operasi darat gabungan pada Latgab TNI Tingkat Divisi Tahun 2013 dilancarkan hari ini pada pukul 06.00 Wita, Rabu (15/5). Diskenariokan, berdasarkan informasi intelijen bahwa aliansi Sonora dan Gerakan Sumpit Merdeka (GSM) berkekuatan 1 Brigade (-) minus berada di beberapa wilayah Kaliorang dan Kaubun Kompleks, Kalimantan Timur. 
Sebelumnya Pangdivif-2 Kostrad Mayjen TNI Setyo Sularso selaku Panglima Komando Tugas Gabungan Darat (Pangkogasgabrat) telah mengeluarkan perintah operasi kepada Komandan Brigade, Komandan Resimen dan para Komandan Batalyon Satuan Manuver dan Satuan Perkuatan lainnya yang tergabung dalam Komando Tugas Gabungan Darat (Kogasgabrat) untuk melancarkan serangan secara terpadu, menghancurkan dan mengusir musuh. 

Dalam manuver serangan kali ini, pasukan dibagi menjadi tiga poros serangan dengan tujuan untuk melaksanakan Gerak Maju Untuk Kontak (GMUK) guna menguasai Garis Taraf-1 (GT-1). Poros kiri merupakan poros serangan Satgasrat Brigif-9 Kostrad dan Batalyon jajarannya yang terdiri dari Yonif-509 Kostrad, Yonif-514/Raider Kostrad dan Yonif 515 Kostrad. 

Di bagian tengah menjadi poros serangan dari Yonif Mekanis-202 Dam Jaya, sedangkan serangan di poros kanan dilakukan oleh Pasukan Pendarat (Pasrat) Batalyon Marinir TNI-AL. Sedangkan Yonif Linud-501 Kostrad yang sebelumnya berhasil merebut dan mempertahankan tumpuan udara melalui Operasi Lintas Udara (Linud) melaksanakan pengamanan jalur yang akan dilalui pasukan manuver.

Untuk mendukung pelaksanaan serangan, pasukan manuver diperkuat oleh manuver Tank Scorpion Yonkav-8 Kostrad yang melaksanakan pengamanan penembakan sasaran. Satu Baterai Yonarmed-12 Kostrad memberikan bantuan tembakan dan melaksanakan Sling Load dua pucuk meriam 105 mm.

Setelah melaksanakan kontak depan, pasukan darat gabungan berhasil merebut dan menguasai Garis Taraf-1 (GT-1), mendesak dan memukul mundur pasukan musuh aliansi Sonora dan Gerakan Sumpit Merdeka (GSM). Selanjutnya pasukan darat gabungan masuk ke kedudukan masing-masing untuk mempersiapkan dan merencanakan serangan esok hari untuk merebut dan menguasai sasaran berikutnya.

Sumber : Kostrad