Pembangunan Rambu Suar di Wilayah Indonesia Dikawal Militer Kerajaan Malaysia

Anggota Komisi IV DPR RI Sukiman memastikan mendapat informasi valid terkait pembangunan rambu suar oleh Malaysia di kawasan perairan Tanjung Datu, Kabupaten Sambas.

Pembangunan ini, jelasnya, juga melibatkan pengawalan dari militer kerajaan Malaysia.

“Informasi yang saya terima cukup valid. Setelah berkomunikasi dengan Pangdam dan pihak Angkatan Laut serta kesaksian masyarakat perbatasan. Pembangunan ini dilakukan disekitar Temajo, Camar Bulan dimana laporannya saya terima tanggal 16 Mei kemarin,” ujar Sukiman, Minggu (18/5/2014).

Dia mengatakan, jika kegiatan ini benar dilakukan Malaysia, akan bedampak buruk bagi kedaulatan NKRI. Sehingga perlu adanya upaya-upaya pencegahan yang harus segera dilakukan.

“Ini adalah upaya kerajaan Malaysia ingin menguasai daerah kita, tentu ini menyangkut kedaulatan RI. Tentu ini akan saya upayakan menjadi agenda penting bagi Komisi I yang menangani ini,” lanjutnya.

Sukiman mengatakan, perlu langkah konkret terhadap kasus yang sudah sering terjadi di Kalimantan Barat ini. Sebagai upaya perlindungan pada potensi-potensi yang dimiliki Kalimantan Barat.

“Saya minta pemerintah menanggapi serius masalah ini dan perlunya langkah konkret di daerah perbatasan. Sudah sangat penting dilakukan pengadaan kapal cepat dalam upaya pengawasan wilayah dan potensi SDA di perairan. Kita juga minta pembangunan unit pengamanan khusus di walayah perbatasan,” pungkasnya.

Sumber : Tribun