Pemerintah akan Membentuk Komando Gabungan Wilayah Pertahanan

Jakarta – Pemerintah akan membentuk Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Kogabwilhan) yang bertujuan untuk mengintegrasikan tugas tiga matra TNI – Angkatan Darat, Angkatan Laut, dan Angkatan Udara – dalam pelaksanaan operasi gabungan.

Pembentukan Kogabwilhan adalah bentuk implementasi Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 10 Tahun 2010 tentang Organisasi TNI.

“Indonesia akan dibagi sejumlah komando gabungan wilayah pertahanan. Jadi Panglima tidak lagi mencakup seluruh Indonesia, tetapi dibagi antara wilayah Barat dan Timur,” kata Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro di Kantor Kepresidenan, Jakarta, Rabu (15/5).

Purnomo dipanggil Presiden Susilo Bambang Yudhoyono untuk mempresentasikan tentang pembentukan Kogabwilhan, yang rencananya tahap awal akan dibentuk Kogabwilhan Wilayah Barat di Markas Besar Tentara Nasional Indonesia (TNI).

“Kogabwilhan akan dipimpin perwira TNI berbintang tiga,” jelas dia.

Hadir pada kesempatan itu, Menko Polhukam Djoko Suyanto, Menko Perekonomian Hatta Rajasa, Wakil Menteri Pertahanan Letjen TNI Sjafrie Syamsudin, Panglima TNI Laksamana Agus Suhartono, dan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Marciano Norman.

Sumber : Beritasatu