Pengertian Daur Ulang Sampah

Pengertian Daur Ulang Sampah. Jika dilihat dari pengertian daur ulang adalah merupakan sebuah proses untuk dapat menjadikan sebuah bahan bekas menjadi bahan baru dengan tujuan untuk dapat mengurangi polusi, emisi gas rumah kaca dan juga kerusakan lahan. Proses daur ulang sampah dapat dikatakan sebagai salah satu strategi tentang bagaimana pengelolaan sampah padat yang terdiri dari beberapa tahapan.

Beberapa tahapan tersebut adalah dapat dimulai dari kegiatan pemilahan barang bekas, pengumpulan, pemrosesan, pendistribusian dan pembuatan material bekas pakai atau produk. Ada komponen utama yang perlu untuk dapat diperhatikan dalam manajemen pengelolaan sampah modern dan biasanya sering dsingkat dengan 4R (Reduce, Reuse, Recycle and Replace).

Siklus Daur Ulang

Material yang bisa didaur ulang terdiri dari sampah kaca, plastik, kertas, logam, tekstil, dan barang elektronik. Meskipun mirip, proses pembuatan kompos yang umumnya menggunakan sampah biomassa yang bisa didegradasi oleh alam, tidak dikategorikan sebagai proses daur ulang. Daur ulang lebih difokuskan kepada sampah yang tidak bisa didegradasi oleh alam secara alami demi pengurangan kerusakan lahan. Secara garis besar, daur ulang adalah proses pengumpulan sampah, penyortiran, pembersihan, dan pemprosesan material baru untuk proses produksi.

Ada beberapa contoh jenis bahan material yang dapat didaur ulang seperti di bawah ini

  1. Barang elektronik
    Jenis barang elektronik seperti telepon genggam dan juga komputer adalah merupakan barang yang secara umum tidak dapat didaur ulang. Tetapi ada bahan material yang bisa didaur ulang dari jenis barang elektronik seperti misalnya adalah barang logam yang ada pada barang eletronik tersebut seperti emas, baja, silicon dan juga besi. Tujuan dari proses daur ulang ini adalah untuk dapat menjaga kelestarian lingkungan dan juga sekaligus adalah untuk kesehatan manusia. Selain itu baterai untuk mobil adalah merupakan jenis barang yang lebih mudah dan lebih murah untuk dapat didaur ulang.
  2. Barang Logam
    Jenis barang logam seperti besi dan juga baja adalah merupakan contoh jenis logam yang juga paling banyak didaur ulang. Kedua jenis logam tersebut mudah untuk didaur karena dapat dipisahkan dari jenis sampah lainnya seperti magnet.