Penting Terapkan Transfer Teknologi Modern

KBRN, Jakarta: Pengamat Intelijen, Wawan Hari Purwanto mengatakan, pentingnya menerapkan transfer or technology (ToT) dalam pengembangan teknologi. Seperti misalnya, pengembangan teknologi satelit, dengan memiliki teknologi satelit untuk kebutuhan Indonesia.

“Perlu adanya produksi ToT, dan itu penting dengan pemilikan satelit yang milik pribadi. Bila kita memiliki satelit pribadi tentu akan menghindari adanya penyadapan secara langsung. Ingat tidak ada kawan abadi, dan lawan abadi,” ujar Wawan, Jumat (29/11/2013).

Ia mendorong agar secara terus menerus melakukan update dari kemampuan anak-anak muda Indonesia dalam sisi teknologi informasi. “Saya mendorong untuk terus menerus update dari kemampuan anak-anak muda itu sehingga mereka punya kemampuan khusus di programmer,” katanya.

Kemampuan dalam bidang programmer, ujarnya,  sebenarnya pemuda Indonesia sudah cukup memadai. Termasuk mereka gabungkan belajar di India, dimana India merupakan  negara yang pesat dalam teknologi informasinya.

“Cuma mereka harus out of box, dan anak-anak muda yang tekun-tekun, dan IP-nya tinggi-tinggi, dan banyak yang cum laude. Mereka diberi harus peluang untuk mempertangguh kemampuan mereka,” jelasnya. 

Sumber :  RRI