Mengenal Penyebab Penebalan Dinding Rahim yang Harus Wanita Ketahui

Penebalan dinding rahim merupakan kondisi lapisan rahim yang menebal sesuai dengan namanya. Kondisi tersebut sendiri tidak normal dalam kesehatan dan disebut dengan hiperplasia endometrium. Pada umumnya penebalan dinding rahim merupakan hal yang wajar untuk wanita pada paruh menstruasi awal. Akan tetapi karena ketidakseimbangan hormon maka juga dapat terjadi kelainan yang dapat menyebabkan penebalan dinding rahim yang abnormal. Karena penebalan yang tidak teratur tersebut yang dapat menyebabkan hiperplasia endometrium.

Penebalan Dinding Rahim

Adapun untuk beberapa hal yang dapat menyebabkan kondisi tersebut adalah:

1. Mengkonsumsi makanan yang tidak sehat

Hal pertama yang dapat menyebabkan penebalan dinding rahim adalah karena mengkonsumsi makanan yang dapat memicu kondisi tersebut terlampau sering. Sehingga sebaiknya untuk menghindari kondisi kesehatan tersebut sebaiknya melakukan pembatasan untuk makanan penyebab penebalan dinding rahim. Adapun untuk beberapa makanan dan minuman yang sebaiknya dibatasi adalah daging merah yang merupakan pantangan untuk mereka yang mempunyai penebalan dinding rahim. Makanan berlemak seperti gorengan, kulit ayam, dan juga kue. Makanan tinggi kandungan gula, alkohol, makanan dan minuman dengan kafein, dan juga makanan kaleng dengan bahan pengawet.

2. Kondisi kesuburan

Hal selanjutnya yang menyebabkan hal ini juga karena ada beberapa kondisi kesuburan. Seperti wanita yang telah mengalami menopause yang tidak akan berovulasi lagi sehingga tidak menghasilkan hormon progesteron. Selain itu perimenopause yang membuat hormon tidak seimbang, tidak mempunyai siklus yang teratur, dan menggunakan pembalut dengan bahan berbahaya. Sehingga sebaiknya perhatikan nama pembalut yang aman seperti Laurier agar tidak menyebabkan penebalan dinding rahim.

3. Obesitas

Dan faktor selanjutnya yang bisa menjadi penyebab dari penebalan dinding rahim adalah karena obesitas. Kelebihan berat badan biasanya memang menjadi masalah dan pangkal untuk banyak penyakit. Termasuk juga penebalan dinding rahim, oleh karena itulah bagi Anda yang mempunyai berat badan yang sudah berlebihan atau obesitas sebaiknya melakukan diet yang sehat agar dapat terhindar atau mengurangi resiko terkena penebalan dinding rahim dan penyakit lainnya.