PlayStation 4 Bukan Sekedar Konsol Game Canggih

Sebagian orang mungkin menanggap konsol video game PlayStation 4 hanya sekedar alat permainan game. Namun, unit bisnis Sony Computer Entertainment mengklaim perangkat akan memenuhi segala kebutuhan hiburan konsumen. Sony menggambarkan, konsol game generasi baru akan memiliki kemampuan lebih luas diluar game dan nampaknya pernyataan Sony tersebut merupakan kenyataan.

 

Meski Sony telah mengungkap sejumlah detail mengenai kemampuan dari PlayStation 5 serta detail mengenai arsitektural, perusahaan  kerap tidak mau mengungkap hiburan jenis lain yang akan tersedia melalui PS4. Sony hanya menyatakan, konsol generasi baru mereka akan menyediakan kemamapuan non gaming canggih dan mereka akan mengungkap pada saatnya nanti.

Perusahaan kabarnya juga akan menyediakan kompatibilas dengan game PlayStaion 3 melalui cloud. Menurut Xbitlabs, datacenter khusus untuk menjalankan game PS3 akan membutuhkan sumber daya yang besar, sementara minat terhadap game lama akan menurun jauh setelah satu tahun setelah PS4 dipasarkan. Akibatnya, Sony akan memiliki kinerja datacenter yang tidak terpakai dan bisa digunakan untuk aplikasi non-game.

Sony jelas ingin bersaing penuh dengan Xbox Live TV, Apple TV maupun Hulu. Perusahaan telah memiliki sejumlah senjata ampuh seperti studio film Sony Pictures dengan waralaba film besar seperti James Bond maupun film lain seperti Iron Man dan Spiderman, loyalitas pelanggan serta video game eksklusif AAA-class. Sementara layanan kelas premium berorientasi konsumer, hanya akan menambah kekuatan yang telah dimiliki Sony.

Sony kabarnya akan memberi penjelasan mengenai PlayStation 4 saat pamerang dagang Electronic Enterteinment Expo (E3) mendatang. Namun, mereka kemungkinan belum tertarik menjelaskan kemampuan non-gaming konsol terbaru mereka pada pameran tersebut, mengingat E3 lebih ditujukan bagi para gamer.