PRAJURIT YONMARHANLAN IX LATIHAN RAID AMFIBI

Segenap prajurit Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan (Yonmarhanlan) IX Ambon melaksanakan latihan parsial Raid Amfibi di komplek Lantamal IX, Ambon (22/05/2014).
 

Latihan tersebut merupakan materi latihan Raid Amfibi TW. II TA. 2014, yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan lanjutan 
satuan tingkat peleton melalui pembinaan satuan bidang teknis maupun taktis sebagai usaha untuk memelihara dan meningkatkan keterampilan prajurit Yonmarhanlan IX dalam rangka menunjang penugasan operasi maupun penugasan lain dimasa yang akan datang.

Kegiatan yang dipimpin langsung Danyonmarhanlan IX Mayor Marinir Datuk Sinaga ini merupakan latihan parsial yang dipersiapkan untuk latihan Raid Amfibi yang sebenarnya. Dalam kegiatan tersebut dibagi menjadi 2 Tim dengan masing-masing Tim diawali dengan pemberian Perintah Operasi (PO) oleh Dantim Raid untuk menghancurkan instalasi radar musuh di 2 koordinat yang berbeda.

 

Setelah menerima PO, prajurit Yonmarhanlan IX dipimpin oleh masing-masing Dantim Raid melaksanakan tugasnya sesuai dengan PO, diawali dengan embarkasi personel dengan menggunakan Perahu Karet (PK) di Titik Pemberangkatan menuju Titik Tunggu. 
Setelah semua unsur berkumpul di Titik Tunggu, PK Pelopor dikeluarkan sebagai Keamanan Pantai menuju Titik Intai untuk meluncurkan renang rintis ke Titik Pendaratan. 
Setelah dinyatakan aman seluruh unsur mendarat di Titik Pendaratan sesuai dengan organisasi tugas, selanjutnya menyelesaikan sasaran serta pengunduran secara cepat sesuai prosedur.


 
Dalam arahannya, Danyonmarhanlan IX Mayor Marinir Datuk Sinaga menjelaskan bahwa latihan ini dilaksanakan untuk meningkatkan kemampuan dan ketrampilan serta profesionalisme para prajurit Yonmarhanlan IX dalam melaksanakan Raid Amfibi guna mendukung tugas di masa yang akan datang sebagai pasukan pendarat dan pasukan pertahanan pangkalan.
Sumber :Marinir