Resep Roti Tawar Spesial

Siapa yang tidak kenal dengan roti tawar. Salah satu jenis roti ini amat dikenal sebagai bahan untuk membuat sandwich ataupun sebagai pengganti nasi untuk sumber karbohidrat tubuh terutama saat sarapan. Jika selama ini Anda terbiasa membeli roti tawar, tidak ada salahnya jika sesekali mencoba membuat roti tawar sendiri. Siapa tahu resep roti tawar yang Anda hasilkan memiliki rasa yang tak kalah spesial dibandingkan buatan pabrik.

Bahan-bahan:

  • 20 gr susu bubuk rasa vanilla 375 gr tepung terigu Bungasari Golden Crown
  • 35 gr gula pasir 2 sdt ragi instan
  • 1 butir telur ayam ukuran sedang 30 gr mentega putih
  • 150 ml air dingin ½ sdt garam halus

Bahan olesan roti tawar:

  • 1 butir telur ayam 2 sdm susu cair rasa vanilla

Resep Roti Tawar Enak

Cara membuat resep roti tawar spesial:

  1. Siapkan bahan-bahan dasar roti tawar dengan mencampurkan tepung terigu, gula pasir, susu bubuk vanilla dan ragi instan. Aduk semua bahan hingga tercampur merata. Gunakan tepung terigu Bungasari Golden Crown dengan kandungan protein tinggi 14,5% membuat tekstur roti menjadi mengembang sempurna dan tekturnya lembut.
  2. Tambahkan telur ayam dan air dingin sedikit demi sedikit sambil adonan tetap di aduk merata hingga tercampur merata dan teksturnya perlahan menjadi kalis.
  3. Masukkan mentega putih dan garam halus sambil di aduk sempurna hingga semua bahan tercampur merata.
  4. Bulatkan adonan yang sudah jadi tadi, kemudian bungkus dengan plastic wrap selama kurang lebih 1 jam sampai adonan mengembang sebanyak 2 kali.
  5. Kemudian kempiskan adonan dan dan bagi adonan menjadi dua bagian sama banyak. Bulatkan kemudian letakkan di atas wadah berbentuk rata lalu giling hingga rata memanjang. Selanjutnya gulung dengan panjang seukuran loyang.
  6. Masukkan ke dalam loyamg dengan ukuran 18x9x9 cm. Diamkan selama kurang lebih 25 sampai 30 menit.
  7. Oleskan permukaan adonan dengan bahan olesan hingga merata namun tidak terlalu tebal dan tidak terlalu tipis. Selanjutnya panggang dengan panas mencapai 200 derajat celsius selama 30 menit atau hingga roti matang berwarna kuning kecokelatan.
  8. Setelah roti tawar matang, angkat lalu potong-potong roti dengan ukuran sesuai selera menggunakan pisau roti yang bergerigi.

Demikian resep roti

tawar spesial yang dapat Anda coba di rumah.