Samsung Redwood GT-i8800, Smartphone Dengan Tizen OS Pertama Di Dunia

Samsung Redwood GT-i8800,Smartphone,Tizen OS

Smartphone milik Samsung yang kabarnya menggunakan Tizen OS telah bocor di Internet. Ponse tersebut bernama Samsung Redwood GT-i8800 dengan sistem operasi Tizen OS 2.1 yang memiliki nama Sandi Magnolia. Keberadaan bocoran Samsung Redwood GT-i8800 ini pun sepertinya adalah tanda kehadiran ponsel dan OS ini tidak akan lama lagi.
Tizen ini awalnya adalah sebuah proyek bernama Meego yang dikembangkan oleh Nokia dan Intel, namun proyek ini dihentikan dan di ambil alih sepenuhnya oleh Samsung dan saat itu lah berganti nama menjadi Tizen. Sistem operasi ini berbasiskan Linux.
Beberapa spesifikasi yang sudah diketahui adalah layar dengan resolusi HD 720p, belum diketahui ukuran layarnya. Di sektor dapur pacunya di motori dengan prosesor berbasis ARM Cortex-A9 yang juga belum diketahui secara detail.
Samsung Redwood GT-i8800 juga disematkan fitur S Voice sebagai ciri kahas Samsung. Jika pada ponsel Galaxy Series pengguna harus mengucapkan “Hi, Galaxy” untuk membuka S Voice, maka pada Samsung Redwood GT-i8800 ini pengguna harus mengucapkan “HI, Tizen”.
Sama seperti Firefox OS, Tizen OS juga memiliki antar muka yang di buat dengan HTML5. Samsung juga mengatakan Tizen OS ini benar – benar sistem operasi yang open source. Namun sampai saat ini belum ada informasi yang lengkap mengenai fitur – fitur yang dimilikinya. Dan kabarnya Samsung Redwood GT-i8800 ini akan muncul pada akhir tahun 2013.