Segarnya Jus Semangka dan Manfaatnya bagi Kesehatan

Buah semangka adalah buah yang mudah kita dapatkan di Indonesia. Apabila kamu sudah bosan mengonsumsinya seperti biasa, kenapa kamu tidak coba saja untuk membuat jus semangka? Berikut ini adalah kumpulan manfaat yang dapat kamu peroleh apabila meminum jus semangka!

  • Jus yang menyehatkan

Kamu pasti pernah merasa bingung mencari camilan padawaktu senggang atau mungkin dimalam hari. Nah, daripada kamu bingung dan bisa jadi mengonsumsi makanan yangtidak bergizi, cobalah untuk membuat jus semangka !. Rasa manis   dan kesegaran air yang terkandung di dalam buah ini mampu memenuhi keinginan kamu untuk menikmati minuman yang bergizi sekaligus memberikan kesegaran yang tiada tara. Kandungan kadar air dari buah semangka yang tinggi dipercaya mampu menurunkan kadar kolesterol dan sekaligus memghilangkan rasa dahaga serta lapar kamu.

  • Jus semangka kaya vitamin dan mineral

Buah semangka adalah buah yang kaya vitamin dan mineral. Vitamin dan mineral yang terkandung dari buah semangka diantaranya adalah vitamin A, B, C, zat besi, potasium, seng, kalsium, mangan, serta zat anti oksidan lainnya.

  • Proses pemulihan otot yang nyeri

Telah dilakukan suatu penelitian dan hasilnya menunjukkan bahwa jika kamu mengonsumsi jus semangka setelah kamu berolahraga, maka jus ini bisa menyembuhkan nyeri otot yang ditimbulkan setelah kamu berolahraga. Karena asam amino yang terkandung dalam buah ini atau dikenal dengan sebutan L-citrulline, dapat  meningkatkan dan menjaga sirkulasi darah serta membuat pembuluh darah kamu menjadi lebih tenang. Dengan demikian kamutidak merasakannyeri lagi setelah olahraga.

  • Menyembuhkan penyakit kardiovaskular

Zat antioksidan dalam buah semangka yang disebut lycopene ternyata mampu untuk mengurangi radang pada pembuluh darah yang bisa menyebabkan stroke pada jantung. Untuk itu, jika kamu ingin menjaga kesehatan jantung kamu segeralah untuk mengonsumsi jus semangka setiap hari.


Selain itu, zat antioksidan tersebut juga bagus untuk mengurangi gejala  diabetes dan tekanan darah tinggi.

  • Dapat memberikan energi

Para ahli kesehatan telah merekomendasikan jus semangka sebagai menu sarapan pagi kamu. Hal ini sangat baik sekali karena kandungan gula yang alami dari jus semangka serta tingginya kandungan air dalam jus ini mampu memenuhi kebutuhan dari energi kamu yang meningkat.

  • Mampu mencegah kanker

Zat antioksidan yang terkandung dalam buah semangka selain baik untuk kesehatanjantung, zat ini baik jugajuga sebagai pencegah sel kanker. Karena zat lycopenedapatmelawan kerusakan yang ditimbulkan dariradikal bebas.

  • Menguatkan tulang

Buah semangka mengandung kalsium yang tinggi.  Kalsium merupakan zat yang sangat baik untuk kesehatan tulang baik pertumbuhan tulang maupun untuk menguatkan tulang. Sehingga jus semangka dikenal dapat mencegah penyakit tulang yang diantaranya adalah arthritis.



Ayo dapatkan manfaat jus semangka, segeralah mencoba hidup sehat dengan mengonsumsi jus semangka setiap hari!