SIARAN PERS KUNJUNGAN PUTRA MAHKOTA BRUNEI DARUSSALAM KE PT PINDAD (PERSERO)

Putra mahkota Brunei Darussalam, Duli Yang Teramat Mulia Paduka Seri Pengiran Muda Mahkota Jenderal Pengiran Muda Haji Al-Muhtadee Billah Ibni Kebawah Duli Yang Maha Mulia Paduka Seri Baginda Sultan Haji Hassanal Bolkiah Mu’izzadin Waddaulah mengunjungi PT Pindad (Persero) pada tanggal 6 Mei 2014. 

Tujuan kunjungan Putra Mahkota Brunei Darussalam kali ini adalah untuk meninjau fasilitas produksi PT Pindad (Persero) sebagai tindak lanjut ketertarikan pihak Brunei Darussalam akan produk alat utama sistem senjata yang diproduksi PT Pindad (Persero) setelah partisipasi PT Pindad (Persero) dalam Brunei International Defence Expo (BRIDEX) bulan Februari lalu.

Putra Mahkota Brunei Darussalam akan mengunjungi beberapa fasilitas produksi PT Pindad (Persero) seperti Divisi Senjata dengan berbagai macam produk senjata andalan seperti Senapan Serbu, Senapan Runduk, dan Senjata Genggam. 

Selain itu, Putra Mahkota akan mengunjungi Divisi Kendaraan Khusus dengan produk-produk andalan seperti Kendaraan Tempur Panser 6×6 Anoa dan Kendaraan Taktis 4×4 Komodo. Putra Mahkota juga mencoba performa produk-produk alutsista kebanggaan PT Pindad (Persero) ini secara langsung.

Secara khusus, kunjungan Putra Mahkota ke PT Pindad (Persero) adalah untuk melihat secara langsung salah satu produk kendaraan khusus, yaitu Kendaraan Taktis 4×4 Komodo tipe Intai.  

Produk kendaraan ini memiliki body yang tidak terlalu besar namun dapat bergerak lincah di medan perang, sehingga cocok sebagai kendaraan intai dan komando. Kendaraan ini menggunakan mesin diesel berkekuatan 215 HP dengan kapasitas maksimum 4700 cc. Kendaraan taktis ini dilengkapi dengan badan kendaraan yang  dapat menahan munisi hingga 7,62 mm ball dari jarak 10 m. 

Selain itu, untuk melengkapi persenjataan, kendaraan ini dapat dilengkapi dengan Remote Control Weapon System (RCWS) atau senjata lain sesuai dengan kebutuhan pengguna. Kendaraan ini dilengkapi dengan rigid axle yang sangat baik untuk menghadapi medan off-road. Heavy duty coil spring suspension juga menambah kemampuan kendaraan ini untuk bermanuver di medan perang.

Kendaraan taktis 4×4 Komodo tipe Intai ini berfungsi untuk pengintaian kavaleri atau operasi infanteri. Kendaraan intai dapat digunakan sebagai kendaraan untuk membaca keadaan peperangan dengan mengintai kondisi lawan seperti kekuatan, jumlah, dan kemampuan perang yang digunakan pihak musuh kemudian melaporkannya kepada komandan pasukan untuk menentukan langkah selanjutnya yang akan diambil. 

Kunjungan Putra Mahkota Brunei Darussalam ini merupakan langkah awal untuk menjalin persahabatan dan kerjasama antara dua negara, Indonesia dan Brunei Darussalam. Semoga saja, kunjungan dapat menghasilkan hal yang menguntungkan bagi kedua pihak di masa yang akan datang.

Sumber : Pindad