Smartphone dengan Standar Keamanan Pentagon


Departemen pertahanan AS seperti diungkapkan juru bicaranya hari kamis kemarin, menyetujui penggunaan smartphone BlackBerry 10 dan tablet BlackBerry PlayBook yang menjalankan BlackBerry Enterprise Service 10 melalui jaringan miliknya dan membantah kabar yang menyebutkan, departemen tersebut mengakhiri dukungan terhadap smartphone BlackBerry.

Letnan Kolonel Damien Pickart Humas departemen pertahanan dalam suatu pernyataan juga mengungkapkan, perangkat mobile berbasis Samsung Android Knox juga telah disetujui untuk digunakan pada jaringan Pentagon.
Picakart menambahkan, ini merupakan langkah signifikan menuju terbentuknya lingkungan multi vendor yang mendukung perangkat dan sistem operasi yang berbeda. Sejumlah perangkat dan sistem operasi mobile saat ini juga sedang di evaluasi oleh departemen pertahanan.
Menurut Pickart, meski perangkat berbasis OS mobile BlackBerry baru telah diteliti dan memperoleh  persetujuan standar keamanan Pentagon, bukan berarti produk tersebut akan dipesan oleh departemennya. Pihaknya berharap, vendor lainnya juga berpartisipasi dalam proses ini, sehingga memungkinkan perangkat mobile yang digunakan para staf Pentoagon menjadi lebih beragam.
Bulan Maret lalu Electronista melaporkan, Pentagon meniadakan anggaran untuk penggujian BlackBerry 10, sistem operasi generasi paling baru untuk smartphone BlackBerry. Langkah tersebut merupakan upaya menghemat pengeluaran departemen pertahanan AS untuk biaya pengadaan alat bagi personil.
Sumber terpercaya yang diperoleh blog teknologi tersebut juga mengungkapkan, departemen pertahanan AS berencana memesan lebih dari 650.000 perangkat iOS dari Apple, terdiri dari 210.000 iPhone, 120.000 iPad, 100.000 iPad Mini dan 200.000 iPod Touch.
Namun Pickart saat itu langsung membantah laporan tersebut dan menyangkal adanya rencana Pentagon untuk melakukan pesanan perangkat dari Apple dalam jumlah besar.