Sungai Cireong, Objek Wisata di Ciamis yang Bisa Main Air dan Ngaliwet

BLoGkiTa – Sungai Cireong, merupakan objek wisata alam di kabupaten Ciamis, Jawa Barat yang relatif baru. Namun, kehadirannya telah menarik banyak pengunjung dari berbagai daerah sekitar seperti Tasikmalaya, bahkan Cirebon yang terbilang lumayan jauh jalannya. Salah satu yang ‘dijual’ di objek wisata yang satu ini adalah kejernihan air sungai yang bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan penat dan bersuka ria bersama sahabat serta kerabat.

Selain itu, kehadiran Warung Wisata yang dibangun baru-baru ini di kawasan Wisata Alam Sungai Cireong memungkinkan para pengunjung untuk membeli oleh-oleh, hingga ngaliwet. Ngaliwet merupakan tradisi orang Sunda yaitu makan nasi liwet bersama-sama di suatu tempat.

Wisata Alam Cireong Park

Objek Wisata Sungai Cireong

Wisata Alam Cireong Park, Ciamis Regency West Java, Indonesia

Bagi Anda yang melewati masa kecil dengan permainan-permainan yang dekat dengan alam seperti bermain air di sungai, Anda harus mencoba datang ke Wisata Alam Sungai Cireong yang memiliki alamat di Dusun Cireong, Desa Sukaresik, Kecamatan Sindangkasih, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Berada sekitar 5 kilometer dari jalan raya nasional Sindangkasih, Sungai Cireong menawarkan sungai dengan air jernih yang bisa membuat Anda terkenang kembali ke salah satu masa terindah saat masih kecil.

Sungai ini cocok sebagai tempat “melarikan diri” buat Anda yang mungkin lagi ruwet dengan beban pikiran atau pusing dengan beban kerja, Wisata Alam Sungai Cireong ini pilihan tepat untuk Anda yang ingin sejenak melepas penat dan beban. Di sungai Cireong ini, orang dewasa maupun anak-anak bisa berendam, berenang atau hanya sekedar bermain air layaknya. Anggap saja sebagai kolam renang alami yang airnya terus mengalir.

Sungai Cireong memang sengaja dibendung dengan bebatuan alami sehingga muncul kolam-kolam besar yang cukup dalam. Walaupun banyak yang berenang, kelebihannya sungai ini tidak akan pernah keruh.

Air jernih dari Sungai Cireong ini merupakan pesona tersendiri, karena walaupun musim hujan sekalipun, air Sungai Cireong tidak akan pernah keruh. Kejernihan sungai ini rupanya hasil dari bagusnya vegetasi hutan di hulu sungai Cireong. Sungai ini memang tersembunyi di balik rimbunnya vegetasi hutan yang ada hulu sungai Cireong.

Akses jalan menuju ke Sungai Cireong kini sudah beraspal dengan baik, hal ini tentu saja berbeda dengan beberapa tahun lalu yang membutuhkan kesabaran dan kehati-hatian lebih untuk sampai di Sungai Cireong. Walaupun jalan sudah beraspal saat itu, namun sudah cukup rusak, sehingga jalanan persis hanya dilapisi batu biasa. Walaupun kini sudah beraspal dengan baik, namun Anda harus hati-hati karena jalanan cukup sempit dan sedikit menanjak.

Ketika Anda mengunjungi sungai Cireong, hal menarik yang dapat Anda lakukan selain berenang dan menikmati kejernihan air, Anda bisa melanjutkan dengan hiking ke arah hulu sungai Cireong dengan menyusuri pematang sawah dan pinggiran sungai. Selain berenang dan hiking, bagi Anda yang senang bersepeda gunung, topografi dan kondisi jalan di sekitar sungai Cireong sangat cocok untuk Anda yang ingin menjajal kawasan Sungai Cireong dengan ‘gowes’ sepeda.

Kawasan Wisata Ciamis ini juga cocok bagi Anda yang memiliki hobi fotografi, karena Sungai Cireong ini memiliki banyak spot foto menarik untuk kegiatan fotografi, seperti landscape, human interest, makro dan slow speed tentunya. Apalagi hanya sekedar untuk swa-foto, kini bahkan disediakan spot tersendiri untuk Anda penggemar swa-foto.

Tiket Masuk Wisata Sungai Cireong

Wisata Alam Sungai Cireong yang berada di bawah kaki Gunung Golkar ini, akhir-akhir ini sudah dikelola oleh Karang Taruna Desa Sukaresik. Para pemuda di sana menyulap Sungai Cireong menjadi kolam pemandian dan tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi.

Padahal dulunya, Sungai Cireong hanya sungai biasa yang nyaris tidak terawat, yang dipenuhi semak belukar di sisi kiri kanan sungai. Walaupun begitu Sungai Cireong di Desa Sukaresik ini memang sejak dulu sudah jadi tempat tujuan bermain anak-anak yang ada di sekitar sungai.

Rupanya hal tersebut membuat Sungai Cireong dikenal sebagai tempat piknik yang asyik, pembicaraan dari mulut ke mulut tentang istimewanya sungai ini menjadikannya lebih terkenal. Banyak orang-orang dari luar Desa Sukaresik yang berkunjung ke Sungai Cireong untuk sekedar piknik. Lama kelamaan hampir tiap Minggu atau hari libur lainnya, Sungai Cireong banyak diserbu oleh para pengunjung yang ingin bermain air di sungai yang jernih ini.

Dari sana, para pemuda Karang Taruna Desa Sukaresik mulai mengatur parkir para pengunjung. Awalnya hanya parkir, kemudian mulai diberlakukan tiket. Tiket saat itu cukup Rp. 2000,- saja untuk masuk ke kawasan Sungai Cireong.

Oleh-Oleh dari Warung Wisata

Sungai Cireong makin dikenal setelah foto-foto keindahannya viral di berbagai media sosial. Beberapa pengunjung bahkan mengakui jika mereka mengunjungi Sungai Cireong karena tertarik setelah melihat foto-foto indah Sungai CIreong di media sosial, dan memutuskan untuk berwisata bersama beberapa teman atau kerabat ke Sungai Cireong.

Menurut Ketua Karang Taruna Desa Sukaresik, tiap harinya tak lebih dari 2 ribu pengunjung atau lebih dari wisatawan lokal maupun luar daerah datang ke Sungai Cireong. Tidak bisa dipungkiri, wisata alam ini telah meningkatkan pendapatan masyarakat sekitar, sehingga berdampak juga pada kesejahteraan masyarakat di sana.

Pasalnya, selain menawarkan kejernihan sungai dan bebatuan alami, banyak penduduk Desa Sukaresik yang membuka warung-warung di pinggir sungai yang menawarkan jajanan hingga paket nasi liwet untuk para pengunjung yang datang ke Sungai Cireong.

Puncaknya, pada awal Januari 2019 lalu pengelola destinasi wisata Sungai Cireong bersama Karang Taruna dan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Desa Sukaresik, Kecamatan Sindangkasih, Kabupaten Ciamis, kemudian membangun dan meresmikan Warung Wisata.

Warung Wisata ini merupakan inovasi baru yang digagas oleh pihak pengelola bersama Karang Taruna dan BUMDes Desa Sukaresik. Pengembangan destinasi wisata Sungai Cireong yang dari awal ditujukan untuk meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat setempat ini kini dikembangkan dengan kehadiran Warung Wisata.

Hal tersebut diperkuat oleh pernyataan Ketua Karang Taruna Desa Sukaresik, Asep Dadang, yang mengatakan, Warung Wisata didirikan menggunakan dana sumbangan dari pengunjung. Ide dari pendirian Warung Wisata ini bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat Desa Sukaresik.

Warung Wisata ini direncanakan untuk menampung kreativitas warga setempat ataupun oleh-oleh khas warga yang akan dijual kepada para pengunjung wisata alam Sungai Cireong. Warga desa bisa menitipkan barang dagangannya di Warung Wisata ini.

Menurut Asep, banyak produk kreasi khas warga Desa Sukaresik yang dibuat dan jadi ciri khas Desa Sukaresik, diantaranya kerupuk, makanan olahan dari singkong, jagung dan gula merah. Semua produk tersebut akan ditampung dan dipasarkan melalui Warung Wisata.

Pendirian Warung Wisata ini didukung penuh oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Ciamis. Dalam hal ini, Kepala Bidang Destinasi Dinas Pariwisata Ciamis, Budi Kurnia mengatakan, sudah menjadi tugas pemerintah untuk membangun infrastruktur, akomodasi dan lain-lain yang menunjang pariwisata di Sungai Cireong.

Budi juga mengakui jika objek wisata Ciamis, Sungai Cireong ini adalah kawasan yang strategis, yang letaknya berada di perbatasan Tasikmalaya.

“Sementara di Tasik, ada wisata nge-mall atau wisata belanja, maka di sini ada wisata alam terbuka, sungai Cireong, pilihannya tentu akan lebih banyak ke Wisata Ciamis ini yang lebih bernuansa alami,” kata Budi.

Nah, jadi Anda kini selain bermain air dan ngaliwet, Anda juga bisa membeli jajanan khas dari Desa Sukaresik, Kecamatan Sindangkasih, Ciamis ini sebagai oleh-oleh untuk orang-orang yang Anda sayangi di rumah.