Susu Formula Yang Sesuai Untuk Bayi Anda

Kehadiran seorang bayi sebagai anggota baru dalam rumah tangga merupakan suatu kebahagian yang amat sangat bagi pasangan suami istri. Agar si bayi tumbuh dan berkembang dengan optimal, maka bayi sebelum umur 1 tahun wajib hukumnya untuk mengkonsumsi ASI ( Air Susu Ibu ). Kandungan ASI memang sangat bermanfaat bagi perkembangan si bayi. Untuk usia di atas 1 tahun para orang tua biasanya memberikan bayi sebuah susu formula. Susu formula merupakan susu yang dikembangkan secara khusus untuk bayi dengan berbagai kandungan gizi seperti DHA, EPA, Taurine dan lain sebagainya. Kandungan tersebut sudah dipercaya mampu menjadikan bayi tumbuh dan berkembang dengan optimal, dan oleh karena itu kandungan susu formula hampir mendekati kandungan yang ada dalam ASI.

Memilih Susu Formula

Namun, banyak dari orang tua yang masih buta akan kandungan kandungan yang ada dalam susu formula. Beberapa tahun belakangan, ditemukan kandungan bakteri berbahaya dalam susu formula yang ditemukan dalam beberapa produk susu formula. Maka dari itu, disini akan membahas tentang bagaimana cara memilih susu formula yang tepat bagi si bayi, dan berikut ulasannya :

  1. Pertama tama, hal yang menjadi fokus adalah tingkat usia bayi. Sesuaikan tingkat usia bayi dengan susu formula yang akan anda pilih, dan pada umumnya pembagian tingkat usia bayi menjadi 2 yaitu 0-6 bulan dan 6-12 bulan. Jika ibu yang seharusnya memberikan ASI eksklusif pada usia dibawah 1 tahun, mengalami gangguan sehingga tidak bisa memberikan ASInya, maka biasanya dokter menyarankan untuk mengkonsumsi susu formula sesuai tingkat usia si bayi.
  2. Hal kedua ialah perhatikan dan konsultasikan apakah bayi memiliki alergi dalam mengkonsumsi susu formula yang berasal dari sapi. Jika benar, maka anda bisa menggantinya dengan susu formula yang terbuat dari bahan alternatif lain, seperti susu kedelai. Jika si bayi masih alergi dengan susu baik susu sapi ataupun susu kedelai, biasanya dokter menyarankan untuk memberikan susu formula hidrolisa kasein, yang mengandung sedikit lemak.