Tahun Ini Acer dan Asus Akan Merilis Chromebook


Acer dan Asus sepertinya menyimpan keyakinan, bahwa Chrome OS dari Google dan hardware yang menjalankannya akan menggapai sukses dalam jangka panjang.  
Menurut laporan Digitime terbaru, dua produsen PC asal Taiwa ini kabarnya dalam tahap persiapan merilis model Chromebook baru pada semester kedua 2013. Google juga dikabarkan, akan membuat kampanye agresif demi mempromosikan platform tersebut, bersamaan dengan peluncuran model Chromebook terbaru dari Acer dan Asus.
Belum begitu banyak rincian mengenai chromebook baru dan Digitime hanya mengungkapkan, model dari Acer akan mengusung layar 11.6 inci serta ditargetkan untuk para pelajar. Chromebook Acer terbaru diperkirakan mulai dijual pada bulan Juli, namun tidak disebutkan wilayah mana saja yang menjadi target pemasaran.
Menurut Digitime, Acer telah mengirim 150.000 hingga 200.000 unit Chromebook seri C7 antara bulan November dan Desember 2012. Volume penjualan kemudian menurun pada bulan Januari, hanya sebanyak 20.000 hingga 30.000 unit. Penurunan tersebut sepertinya bukan penghalang bagi Acer, untuk kembali menggarap proyek Chromebook.
Sedangkan Asus yang sebelumnya tidak memiliki rencana investasi di Chromebook, kini dikabarkan juga bersiap meluncurkan model Chromebook dengan brand miliknya pada saat yang hampir bersamaan, sekitar kuartal ketiga dan keempat.
Sumber Digitime juga mengungkapkan, selain Asus dan Acer produsen komputer lain seperti Samsung, Lenovo dan HP diharapkan ikut merilis Chromebooks dalam waktu dekat.
Sementara Google, telah menjajakan produk Chromebook Pixel high-end miliknya, yang dijual dengan harga mulai dari 1299 USD. Chromebook Pixel mengusung display 12.85 inci dengan resolusi 2560×1700, sehingga memiliki kerapatan pixel tertinggi diantara layar laptop manapun dipasaran.