Tangkap Snowden, AS Lakukan Segala Cara

 Seorang pengunjuk rasa memegang poster foto Edward Snowden, mantan karyawan CIA yang membocorkan informasi rahasia tentang program pengintaian AS, di luar gedung Konsulat Jenderal AS di Hong Kong, Kamis (13/6).    (AP/Kin Cheung)

Seorang pengunjuk rasa memegang poster foto Edward Snowden, mantan karyawan CIA yang membocorkan informasi rahasia tentang program pengintaian AS, di luar gedung Konsulat Jenderal AS di Hong Kong, Kamis (13/6). (AP/Kin Cheung)
POHUWATO ONLINE, Presiden AS Barack Obama mengatakan pemerintah AS menggunakan semua upaya hukum untuk menangkap buronan pembocor rahasia pemantauan intelijen AS, Edward Snowden.

Gedung Putih mengatakan yakin bahwa Edward Snowden masih berada di Rusia dan menekan Moskow untuk mengusirnya supaya bisa menghadapi dakwaan spionase di Amerika.

Dalam upayanya mencari suaka secara diam-diam, Edward Snowden telah memesan penerbangan hari Senin dari Moskow ke Havana, dengan kemungkinan tujuan akhir Ekuador, di mana ia mencari suaka. Tapi penerbangan ke ibukota Kuba itu tidak menunjukkan tanda-tanda bahwa Snowden berada di dalam pesawat itu, seperti dilansir VOA.

Julian Assange, pendiri WikiLeaks, organisasi pengungkap rahasia yang membantu Snowden, mengatakan buronan Amerika itu aman, namun menolak mengungkapkan di mana Snowden berada.
Juru bicara Gedung Putih Jay Carney mengatakan Amerika sudah sering mengembalikan tersangka kriminal ke Rusia dan berharap Rusia akan menyerahkan Snowden yang berusia 30 tahun itu kepada pemerintah Amerika.

Sumber: Republika Online

Pohuwato Online